Sukses

Berteduh di Gubuk Tengah Sawah, Petani Garut Tewas Disambar Petir

Liputan6.com, Garut - Niat hati berteduh di gubuk sawah saat hujan deras turun, Ihin (60), warga Kampung Lekor RT 05/RW 02 Desa Lembang, Kecamatan Leles, Kabupaten Garut, Jawa Barat malah tewas tersambar petir, Kamis, 1 Februari 2018.

"Tadi malam sudah dimakamkam," ujar Kapolsek Leles Resor Garut, AKP Asep Muslihat saat dikonfirmasi, Jumat (2/2/2018).

Asep mengatakan kejadian berlangsung sekitar pukul 14.30 WIB. Kamis siang itu, hujan turun membasahi sebagian besar wilayah kabupaten Garut.

Ihin bersama dengan dua temannya Yayan (40) dan Ujang Sukmana (45) yang baru menyelesaikan garapan membajak sawah, berencana berteduh di sebuah gubuk sawah untuk istirahat karena hujan.

"Baru saja ketiganya duduk, petir datang menyambar mereka," kata dia.

Upaya melepas lelah yang mereka lakukan pun akhirnya buyar. Akibat tersambar petir, Ihin mengalami luka di kepala cukup serius sehingga meninggal dunia di lokasi kejadian.

Sementara, dua rekannya mengalami luka serius di bagian tubuh lainnya. "Ada yang kena kaki, ada juga yang kena pantat korban," kata dia.

 

 

2 dari 2 halaman

Cari Tempat Aman

Saat pertama kali mendapatkan informasi dari warga yang melihat ketiga petani itu, Asep memastikan nyawa Ihin meninggal di lokasi kejadian, sedangkan kedua korban lainnya Yayan dan Ujang mengalami luka cukup parah.

"Kedua korban sempat dirawat di Puskesmas Leles, tapi sekarang sudah pulang," ujarnya.

Di tengah cuaca yang tidak menentu saat ini, Asep mengingatkan agar masyarakat, termasuk petani penggarap, agar berhati-hati dan menepi saat hujan turun mencari tempat yang aman.

"Minimal dengan upaya itu lebih menjauhi bencana," ujarnya.

Saksikan video pilihan berikut ini:

Artikel Selanjutnya
Kantor Pusat Ditutup, Ratusan Jemaah Umrah PT SBL di Garut Gundah
Artikel Selanjutnya
Dirawat Semalam di RS Slamet Garut, Pasien Difteri Meninggal