Sukses

Mengintip Gibran Rakabuming Naik Pesawat Kelas Ekonomi

Solo - Penumpang pesawat Wings Air tujuan Solo-Surabaya dikagetkan oleh kemunculan Gibran Rakabuming Raka. Putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) itu bahkan tanpa pengawalan sedikit pun.

Gibran Rakabuming Raka pun harus rela saat maskapai Lion Air Grup ini mengalami keterlambatan hingga tiga jam. Yang cukup mengagetkan, Gibran sama sekali terlihat seperti penumpang biasa.

Hal ini disaksikan Dosen Ilmu Komunikasi Politik Univesitas Airlangga, Henri Subiakto, Senin ini. Henry pun menggunggah foto dan tulisannya melalui laman Facebook pribadinya.

"Hari Minggu ini pesawat Wings dari Solo ke Surabaya harusnya terbang jam 10.30, tapi delay hampir tiga jam. Baru nyampai Surabaya jam 14.30," ucap Henri saat dihubungi JawaPos.com, Senin (18/12/2017).

Sebagai anak presiden, pengawalan memang menjadi standar operasional prosedur (SOP). Namun, pada saat itu, Gibran sama sekali tak terkawal.

Henry menambahkan, setelah memasuki pesawat Wings Air, Gibran Rakabuming Raka ternyata juga menaiki pesawat yang sama dan masih terlihat sendirian tanpa pengawalan. Bahkan, putra sulung Jokowi itu duduk di barisan paling depan atau kelas ekonomi.

"Ternyata dia tadi juga nunggu pesawat delay, sudah gitu dia duduk paling depan, setahu saya pesawat Wings yang mahal (duduk) di belakang," jelasnya.

Baca berita menarik dari JawaPos.com lain di sini.

 

 

 

1 dari 3 halaman

Rela Kehujanan

Setibanya di Bandara Internasional Juanda, Sidoarjo, Jawa Timur, Henri pun memantau tidak ada penjemputan istimewa yang dilakukan untuk anak orang nomor satu Indonesia itu. Di kondisi hujan pun, Gibran harus rela basah-basahan saat pindah ke bus penumpang.

"Di situ bandara kondisinya hujan, kita harus pindah dari pesawat ke bus. Dia malah kehujanan tanpa payung dan kelihatan kebasahan saat di dalam bus," ungkapnya.

Henri menjelaskan, saat itu, ia sempat berkomunikasi singkat dengan Gibran. Dia menjelaskan bahwa Gibran dalam perjalanan untuk kepentingan bisnis.

Untuk itu, Henri mengaku sangat salut dengan kesederhanaan yang dimiliki Gibran. Sebab, putra sulung Jokowi itu tidak memanfaatkan fasilitas yang ada untuk menguntungkan diri sendiri.

Di sisi lain, kejadian ini dapat menjadi pelajaran kepada anak pejabat lainnya. Sebab, anak pejabat lainnya justru sering menyalahgunakan fasilitas untuk hal yang tidak diperlukan.

2 dari 3 halaman

Pulang ke Singapura, Kaesang Pangarep Gunakan Pesawat Murah

Bukan hanya Gibran Rakabuming Raka. Sang adik, Kaesang Pangarep, juga pernah tepergok naik sebuah maskapai penerbangan yang dikenal dengan harga terjangkau.

Walaupun berstatus sebagai anak orang nomor satu di Indonesia, Kaesang Pangarep tampaknya tak ingin memanfaatkan kekayaan yang dimiliki oleh keluarganya. Hal itu terbukti dengan unggahan dalam salah satu akun gosip, belum lama ini.

Akun tersebut mengunggah foto anak terakhir Presiden Jokowi di dalam sebuah pesawat saat dirinya akan kembali ke Singapura. Ketika itu, Kaesang Pangarep kembali ke Indonesia untuk menghadiri pernikahan sang kakak, Kahiyang Ayu dengan Bobby Nasution, pada 8 November 2017.

Menariknya, dalam unggahan itu, Kaesang Pangarep tengah berada di dalam maskapai penerbangan yang dikenal dengan harga terjangkau. Di foto yang sudah tersebar di media sosial itu, Kaesang bersama sang kekasih, Felicia, terlihat mengumbar senyum dan berpose dengan para pramugari dan pilot dari maskapai tersebut.

Pria 23 tahun itu juga terlihat santai dan sederhana menggunakan kaus berwarna abu-abu sambil menggendong tas di punggungnya.

Pose dalam Kokpit

Tak hanya berpose di dalam kabin penumpang, Kaesang Pangarep juga terlihat berpose dengan sang pilot penerbangan yang merupakan seorang wanita di dalam kokpit pesawat.

Unggahan itu pun mendapat berbagai tanggapan dari warganet di kolom komentar akun gosip tersebut. "Selalu suka sama keluarga Pak Jokowi. Selalu merakyat padahal orang nomor 1 di indonesia. Anak anaknya juga merendah seperti orangtuanya. Panutan," tulis akun @tivani95.

Kemudian akun @dee_permanasari menulis, "baguss ini buat ngingetin kita ya di atas langit masih ada langit.. Horaang kayaa sih gayanya standard biasaaa ajaah.. nahh kalau yang orangnya biasa aja malah suka diada-adain sampai ngutanglah, kreditlah.. duhhhh.. duuuhhh." (Showbiz Liputan6.com/Istihanah Soejoeth)