Sukses

Waspada Banjir di Daerah Hilir Bengawan Solo

Saat ini Bengawan Solo di di Jurug, Solo siaga merah.

Liputan6.com, Solo - Unit Pelaksana Teknis (UPT) Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Jawa Timur mewaspadai ancaman banjir Bengawan Solo yang akan melanda hilir, Jawa Timur. Kewaspadaan ini seiring banjir di hulu Ngawi dan Solo, Jawa Tengah.

Sekarang ini Bengawan Solo di Jurug, Solo, Jawa Tengah, masuk siaga merah (III). Ketinggian air Bengawan Solo pada papan duga di Jurug, Solo, Jawa Tengah, mencapai 85.16 "Surabaya Haven Vloed Peil" (SHVP), Rabu pukul 07.00 WIB.

"Ketinggian air di Jurug, Solo, Jawa Tengah, beberapa jam sebelumnya 84.73 meter," kata seorang petugas Posko UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Bojonegoro, Budi Indro Prasetyo, Rabu, 15 Februari 2017, dilansir Antara.

Menurut Budi, kenaikan air Bengawan Solo dipengaruhi hujan yang terjadi merata di sepanjang daerah hulu, Jawa Tengah, juga lokal.

Maka itu, ia meminta Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) di Jatim, mulai Bojonegoro, Tuban, Lamongan sampai Gresik, meningkatkan kewaspadaan dalam menghadapi ancaman banjir Bengawan Solo.

"Kami minta BPBD di sepanjang hilir Jatim meningkatkan kewaspadaan, sebab Bengawan Solo di hilir Jatim akan masuk siaga," ucap dia menambahkan.

Sesuai data ketinggian air Bengawan Solo pada papan duga di Bojonegoro 11,90 meter, Rabu pukul 09.00 WIB.

Kondisi serupa diinformasikan Petugas UPT Pengelolaan Sumber Daya Air Wilayah Bengawan Solo di Ngawi, Jawa Tengah, Andik, yang menyebutkan ketinggian air Bengawan Madiun di Ndungus, Ngawi, masuk siaga II dengan ketinggian 7,15 meter (siaga II), Rabu pukul 09.00 WIB.

"Banjir yang terjadi di Ndungus, Ngawi, dipengaruhi banjir di daerah Ponorogo dan sekitarnya," jelas dia.

Pada waktu bersamaan di hilirnya, Babat, Laren, Karanggeneng dan Kuro, Lamongan, masing-masing 6,70 meter, 4,90 meter, 3,70 meter dan 1,62 meter.

"Air banjir Bengawan Solo di hulu akan masuk hilir Bojonegoro sekitar 40 jam," ucapnya menambahkan.

Banjir Bandang Sesuai laporan yang diterima Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bojonegoro menyebutkan banjir bandang di Desa Kedungsumber, Kecamatan Temayang, sehari lalu, mengakibatkan lima rumah rusak dari 180 rumah yang diterjang banjir bandang.

Selain itu banjir bandang dari meluapnya Kali Sugihan juga mengakibatkan tanggul desa sepanjang 125 meter jebol. Banjir merendam tanaman padi seluas 15 hektare dan jalan raya Bojonegoro-Nganjuk, sepanjang 100 meter terendam air banjir dengan ketinggian berkisar 0,7-1 meter.

Banjir bandang di hilir Bengawan Solo ini hanya berlangsung sekitar 1 jam. "BPBD sudah menyalurkan bantuan makanan siap saji dan bantuan sembako berupa beras. Sekarang warga sudah bisa beraktivitas lagi," jelas Camat Temayang Mochlasin Andi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.