Sukses

Kisah Kotak Ajaib Polisi Bantul dan Berkah Anak Yatim

Liputan6.com, Yogyakarta - Polsek Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), memiliki kotak ajaib yang bisa membantu warga. Kotak itu berbahan kaca akrilik berukuran 30x30 cm, seperti kotak amal pada umumnya. Kotak ajaib itu diletakkan di dalam kantor Mapolsek Bantul di Jalan Marsda MA Adisucipto No 102, Bantul.

Dinamai kotak ajaib karena kotak itu bisa membuat Polsek Bantul dekat dengan warga. Kapolsek Bantul Kompol Paimun mengatakan kotak ajaib ini sudah ada sejak kapolsek sebelumnya, Fajar Pamuji, yang memimpin sekitar 2014 lalu.

Kotak itu dinamai kotak ajaib bukan karena ada unsur magis, tapi merupakan bentuk dari kesadaran polsek anggota untuk membantu masyarakat di wilayah Polsek Bantul.

Setiap anggota polisi dapat memasukkan uang secara sukarela setiap hari di kotak ajaib itu. Hasilnya diberikan kepada anak yatim dan kebutuhan warga desa.

"Ya mulai dari Rp 1.000 hingga Rp 2.000. Setiap bulan minggu pertama, pas apel besar pertemuan gitu diedarkan ke anggota lalu disalurkan secara bergilir di lima desa. Setiap pertemuan (di desa) ada 20-25 anak yatim. Bukan besar kecilnya tapi kepedulian anggota polisi," ujar dia di Bantul, Kamis, 29 September 2016.

Paimun mengatakan isi yang terkumpul dalam kotak ajaib diutamakan untuk anak yatim. Anak yatim yang ada di Bantul, kata dia, harus diperhatikan dan diarahkan ke arah positif.

"Anak tersebut juga berhak untuk dapat fasilitas seperti sekolah, dll. Anak-anak dibimbing, Nabi Muhammad dulu juga anak yatim, tapi bisa menjadi pemimpin," ujar dia.

Paimun menjelaskan uang yang terkumpul di kotak ajaib ini berkisar Rp 1,5 juta hingga Rp 2 juta setiap bulannya. Sejak tiga tahun lalu, ke-76 anggotanya sudah mengisi kotak ajaib dan menyerahkan uang tersebut kepada warga. Uang itu diberikan secara bergiliran kepada anak yatim di tiap desa.

Sementara itu, Babinkamtibmas Polsek Bantul, Aipda Sugiyanto, mengatakan anggota Polsek Bantul setiap hari biasa mengisi uang di kotak ajaib. Seusai apel besar yang digelar sebulan sekali di Polsek Bantul, kotak ajaib itu diputarkan ke setiap anggota untuk diisi sebelum diserahkan ke anak yatim.

Uang tersebut diserahkan ke lima desa yang ada di wilayah Polsek Bantul, yaitu Palbapang, Sapdodadi, Trirenggo, Bantul dan Ringinharjo.

"Diberikan cash langsung diberikan ke tiap dukuh, sebelumnya anak-anak dikumpulkan. Snack dari kita data dari desa," ujar Sugiyanto.

Loading