Sukses

Ramadan, Pendonor Darah Bandung Bakal Diantar-Jemput

Layanan antar-jemput pendonor darah di Bandung ini berguna pula untuk memudahkan masyarakat yang hendak menyumbangkan darahnya.

Liputan6.com, Bandung - Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Bandung, Jawa Barat akan melakukan antar-jemput pendonor darah pada bulan puasa kali ini. Layanan antar-jemput pendonor ini dilakukan oleh PMI Kota Bandung guna memenuhi sebanyak lebih dari 400 labu atau kantung persediaan darah.

Menurut Juru Bicara PMI Kota Bandung Priyo Handoko, layanan antar-jemput pendonor ini berguna pula untuk memudahkan masyarakat yang hendak menyumbangkan darahnya.

"Ini tuh program baru ya jadi untuk mempermudah para pendonor untuk mengeluarkan darahnya, kita mengeluarkan terobosan terbaru dengan sistem seperti itu," ujar Priyo di Bandung, Jawa Barat, Senin 13 Juni 2016.

"Jadi masyarakat tidak perlu bingung atau malas datang ke PMI Kota Bandung karena jauh," sambung dia.

Juru bicara PMI Kota Bandung Priyo Handoko mengaku, program antar-jemput pendonor ini diberlakukan sejak 6 Juni-16 Juli 2016. Namun tidak menutup kemungkinan, kata Priyo, bahwa program ini akan terus dilakukan karena dianggap berdampak positif bagi persediaan darah.

Dia menjelaskan, persediaan darah memasuki bulan puasa tahun ini, lambat laun menyusut seribuan labu tiap pekannya.

PMI Kota Bandung menyatakan, hingga Senin 13 Juni 2016, persediaan darah untuk seluruh golongan sampai jam 12.00 WIB mencapai 3.774 labu. Dengan rincian 4.646 labu darah golongan A, 1.135 labu darah golongan B. Lalu 1.894 labu darah golongan O dan 281 labu darah golongan AB. Kondisi persediaan ini hanya akan bertahan sampai satu pekan mendatang.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini