Sukses

Taburan Bunga di Makam Tokoh Harkitnas Dr Soetomo

Sang menteri menuturkan, Harkitnas mengingatkan kita pada berdirinya organisasi Budi Oetomo yang didirikan Dr Soetomo pada 1908.

Liputan6.com, Surabaya - Memperingati Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas), Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Rudiantara memimpin upacara tabur bunga di Taman Makam Pahlawan (TMP) Nasional Dr Soetomo Surabaya, Jawa Timur.

Sang menteri menuturkan, Harkitnas mengingatkan pada berdirinya organisasi Budi Oetomo yang dibentuk Dr Soetomo pada 1908.

Bagi Rudiantara, Budi Utomo adalah organisasi modern yang memunculkan sumber daya manusia terdidik memiliki jiwa nasionalisme kebangsaan, dan punya cita-cita mulia untuk melepaskan diri dari penjajahan.

"Dengan tampilnya sumber daya manusia yang unggul inilah semangat kebangkitan nasional dimulai," tutur Rudiantara di Surabaya, Jatim, Jumat (20/5/2016).

Dia memaparkan, perjuangan Budi Utomo yang dipimpin oleh Dokter Wahidin Soedirohoesodo dan Dr Soetomo tersebut kemudian dilanjutkan oleh kaum muda pada 1928 yang kemudian melahirkan Sumpah Pemuda.

"Dan melalui perjuangan yang tak kenal lelah akhirnya kita dapat memproklamirkan kemerdekaan pada tanggal 17 Agustus 1945," ujar dia.

Usai upacara, Rudiantara lalu melaksanakan tabur bunga. Turut hadir dalam acara peringatan Harkitnas ini, Kepala Staf Koarmatim Laksamana Pertama TNI Mintoro Yulianto, dan Gubernur Jatim Soekarwo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.