Sukses

9 Cara Mencegah dan Mengatasi Sembelit saat Puasa, Perhatikan Pola Makan

Cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa bisa kamu terapkan setiap hari di bulan Ramadan.

Liputan6.com, Jakarta Cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa bisa dilakukan dengan mengatur pola makan. Selain itu, kamu juga perlu memperhatikan nutrisi dari makanan yang kamu konsumsi saat sahur dan berbuka puasa.

Pola makan yang berubah selama bulan Ramadan serta pilihan makan yang minim serat membuat seseorang rentan terserang sembelit saat puasa. Terjadinya sembelit atau konstipasi ini juga bisa karena kurangnya cairan yang masuk ke dalam tubuh selama puasa. 

Konsumsi beragam jenis takjil termasuk aneka gorengan, es buah dengan pemanis buatan dan makanan manis bersantan juga bisa mengakibatkan sembelit saat puasa.

Cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa bisa kamu terapkan setiap hari di bulan Ramadan. Kamu tidak boleh menganggap remeh gangguan kesehatan ini, karena bila dibiarkan dalam jangka waktu lama dapat mengakibatkan terjadinya komplikasi seperti wasir, yang membutuhkan penanganan lebih lanjut.

Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (16/4/2021) tentang cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Cara Mencegah dan Mengatasi Sembelit saat Puasa

Perbanyak Asupan Serat

Cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa yang pertama adalah memperbanyak asupan serat. Jangan hanya berfokus pada makanan atau minuman yang manis saja saat berbuka. Kamu juga butuh sayur, buah, dan biji-bijian yang kaya akan serat untuk menyehatkan saluran pencernaan.

Selain itu, jika memungkinkan pilihlah sumber karbohidrat dengan kadar serat yang lebih tinggi seperti beras merah. Selain itu, perbanyaklah konsumsi bahan makanan yang mengandung serat lainnya seperti oat untuk memperlancar perncernaan.

Minum Banyak Air Putih

Perbanyak minum air putih di malam hari. Semakin terhidrasi tubuh di malam hari, semakin lancar kinerja saluran pencernaan tubuh kamu. Cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa satu ini sangat penting dilakukan.

Minumlah air putih paling tidak dua liter sehari. Karena konsumsi air yang banyak sangat penting untuk mencegah sembelit. Hindari minuman soda saat berbuka puasa karena dapat mencetuskan sembelit jika diminum terlalu banyak.

Atur Jadwal Buang Air Besar

Mengatur jadwal buang air besar juga cukup penting sebagai cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa. Hal ini penting untuk membentuk kebiasaan tubuh dalam membuang sisa makanan. Hindari menahan BAB terlalu lama, karena dapat membuat feses mengeras serta “mampet”.

3 dari 4 halaman

Cara Mencegah dan Mengatasi Sembelit saat Puasa

Cegah Perubahan Pola Makan

Cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa selanjutnya adalah menghindari perubahan pola makan secara mendadak. Konstipasi atau diare dapat terjadi karena tubuh belum beradaptasi. Saat berbuka, makanlah dengan bertahap dalam porsi yang kecil tapi sering serta kunyahlah makanan dengan benar hingga halus sebelum ditelan. Cara ini akan sangat membantu peroses pencernaan dan mengurangi beban saluran pencernaan.

Jangan Lewatkan Sahur

Jangan lewatkan sahur. Semakin lama perut tidak diisi dengan makanan atau minuman sehat, semakin besar kemungkinan kamu untuk mengalami sembelit. Selain itu, bersahurlah dengan makanan ringan seperti kurma terlebih dahulu. Setelah beberapa saat lanjutkan dengan makanan utama yang mengandung kuah seperti sup.

Makanan berkuah akan menambah asupan cairan dalam tubuh dan mencegah konstipasi. Hindari makanan yang mengandung banyak lemak seperti gorengan dan gula karena akan meningkatkan risiko terjadinya sembelit dua kali lipat.

Hindari stres

Stres dan kecemasan ternyata bisa memicu terjadinya sembelit. Oleh sebab itu, istirahatlah yang cukup untuk membantu mencegah terjadinya sembelit.

4 dari 4 halaman

Cara Mencegah dan Mengatasi Sembelit saat Puasa

Tetap Berolahraga

Lakukan olahraga selama berpuasa karena olahraga juga penting sebagai cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa dan memperlancar pencernaan. Puasa tidak seharusnya menghalangi kamu berolahraga. Selain menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh, berolahraga secara rutin selama 30 menit setiap hari juga dapat membantu pergerakan usus sehingga kamu terhindar dari sembelit.

Perbanyak Makan Yoghurt

Tentunya yoghurt amat berguna untuk membantu melancarkan buang air besar. Karena bakteri baik yang terkandung di dalamnya dapat membantu menstabilkan kuman-kuman di saluran cerna, sehingga buang air besar menjadi lebih lancar.

Konsumsi Makanan Kaya Vitamin B

Vitamin B juga bermanfaat untuk melancarkan proses pencernaan. Beberapa menu yang mengandung jenis vitamin ini adalah makanan yang berasal dari hewan, susu, dan sereal.

Itulah beberapa cara mencegah dan mengatasi sembelit saat puasa yang perlu kamu perhatikan. Semoga ibadah puasa yang kamu jalankan berjalan lancar dan diterima Allah SWT.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini