Sukses

7 Tips Puasa untuk Penderita GERD, Perhatikan Asupan Sahur dan Berbuka

Tips puasa untuk penderita GERD berkaitan dengan kebiasaan makan yang harus diterapkan.

Liputan6.com, Jakarta Tips puasa untuk penderita GERD harus diperhatikan agar ibadah lancar. GERD adalah masalah pencernaan yang umum dialami dan sering dikaitkan dengan asam lambung yang naik. GERD adalah penyakit yang bisa dikenali dari gejala yang terasa pada pencernaan.

GERD adalah singkatan dari Gastroesophageal reflux disease, merupakan penyakit yang berkaitan dengan lambung dan pencernaan. GERD biasa dikenal dengan penyakit asam lambung kronis. 

GERD disebabkan oleh kenaikan asam lambung yang sering. Kenaikan asam lambung sering terjadi akibat makan berlebihan, berbaring setelah makan, atau makan makanan tertentu.

Tips puasa untuk penderita GERD berkaitan dengan kebiasaan makan yang harus diterapkan. Berikut Liputan6.com rangkum dari berbagai sumber, Jumat (9/4/2021) tentang tips puasa untuk penderita GERD.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tips Puasa untuk Penderita GERD

Jangan Lewatkan Makan Sahur

Salah satu tips puasa bagi penderita GERD adalah dengan selalu makan sahur. Wajib hukumnya bagi kamu yang memiliki penyakit GERD untuk makan sahur sebelum berpuasa, karena saat berpuasa lambung akan mengalami kekosongan selama hampir 14 jam. Makan sahur akan mencegah peningkatan asam lambung berlebih. Selain itu, sahur juga merupakan sumber energi bagi kamu untuk beraktivitas seharian.

Jangan Menunda Buka Puasa

Penderita GERD disarankan untuk segera berbuka ketika waktunya tiba. Tips puasa bagi penderita GERD satu ini tentu sangat penting untuk menghindari penyakit kamu kambuh.

Saat waktu berbuka tiba, langsung konsumsi air putih dan buah kurma. Hal ini guna perut kamu menerima makanan dengan tekstur lembut terlebih dahulu. Setelah berbuka dengan kurma dan air putih, kamu bisa melanjutkannya dengan makan nasi dengan lauk yang tidak pedas dan asam.

Pastikan untuk tidak makan terlalu kenyang saat berbuka. Saat kamu ingin tidur, sekitar setengah jam sebelum tidur, kamu bisa minum segelas air. Hal ini berfungsi untuk menjaga perut agar tetap dalam kondisi nyaman dan rileks saat tidur.

 

3 dari 4 halaman

Tips Puasa untuk Penderita GERD

Makan Secukupnya

Tips puasa bagi penderita GERD berikutnya adalah makan secukupnya saat sahur dan berbuka. Makan terlalu banyak dalam satu waktu dapat membuat lambung bekerja lebih keras. Karena itu, saat sahur dan berbuka, makanlah dengan perlahan dan dalam jumlah secukupnya.

Kondisi lambung saat berpuasa dipenuhi oleh gas dan asam lambung. Jika kamu makan terlalu banyak, udara asam lambung akan menekan ke sisi-sisi lambung, sehingga menyebabkan lambung teregang. Hal ini dapat menyebabkan nyeri perut, begah, dan mual saat berbuka puasa. Jadi, makanlah secukupnya agar lambung dapat berkontraksi dengan normal.

Saat berbuka, awali dengan mengonsumsi makanan yang ringan dulu, kemudian baru melanjutkan dengan makan besar. Jika masih lapar setelah berbuka, misalnya setelah salat tarawih, cukup konsumsi camilan ringan yang sehat, seperti pisang, granola, atau biskuit.

Jangan Langsung Tidur Setelah Makan

Tidur setelah makan saat sahur mungkin menjadi hal yang sangat sulit dihindari. Namun, kamu tidak boleh langsung tidur setelah makan, karena dapat menjadi salah satu pemicu sakit pada pencernaan.

Namun bila rasa kantuk tidak tertahankan, kamu bisa tidur dengan posisi setengah duduk. Jadi, posisi kepala dan bahu tetap lebih tinggi daripada perut. Caranya adalah dengan menyangga kepala dan bahu dengan tumpukan bantal. Posisi ini dapat mencegah makanan kembali ke kerongkongan.

4 dari 4 halaman

Tips Puasa untuk Penderita GERD

Makan dengan Perlahan

Tips puasa bagi penderita GERD selanjutnya adalah jangan sampai makan dengan terburu-buru saat sahur maupun berbuka. Kebiasaan terburu-buru dan sambil berbicara dapat membuat banyak udara masuk ke saluran cerna dan memicu GERD.

Maka dari itu, usahakan untuk bangun lebih pagi, agar bisa makan sahur dengan tenang dan perlahan. Makan saat berbuka pun harus diperhatikan. Jangan sampai kalap dan malah menghabiskan makanan dengan cepat.

Pilih Menu Makan yang Tepat

Memilih menu makanan yang tepat merupakan salah satu tips puasa bagi penderita GERD yang sangat penting. Pilihlah makanan seperti nasi dan oatmeal yang mengandung jenis karbohidrat untuk mengurangi risiko munculnya keluhan GERD. Hal ini berkaitan dengan kemampuan keduanya menyerap asam lambung berlebih.

Selain itu, konsumsi buah yang tidak asam, seperti apel, pisang, dan pir; serta daging rendah lemak, seperti dada ayam dan ikan. Disarankan juga untuk memasak makanan dengan cara dipanggang, dikukus, atau direbus. Sebaiknya jangan mengolah makanan dengan cara menggoreng, agar kadar minyak dalam makanan tidak tinggi.

Mengelola Stres

Mengelola stres dan mengendalikan emosi dengan cara yang baik merupakan salah satu tips puasa bagi penderita GERD yang tidak bisa dilewatkan. Selain berpahala, hal ini dapat menurunkan risiko munculnya keluhan GERD.

Caranya, beristirahatlah sejenak jika kamu lelah, dan lakukan sejumlah teknik relaksasi, latihan pernapasan, atau yoga ketika kamu merasa stres. Dengan melakukan tips puasa bagi penderita gerd ini, maka kamu dapat menjalankan ibadah puasa Ramadan dengan lancar.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini