Sukses

Di Penghujung Ramadan, Stadion Wembley Kumandangkan Azan

Liputan6.com, London - Bulan Ramadan berada di penghujung waktu. Salah satu stadion termegah di Inggris, Wembley Stadium, untuk pertama kalinya mengumandangkan azan pada hari Ramadan ke-26 atau 31 Mei 2019.

Video detik-detik bersejarah itu pertama kali diunggah oleh laman Facebook ilmFeed. Dalam video tersebut, terdengar seorang muazin mengumandangkan azan di Stadion Wembley.

Bukan tanpa alasan pengelola Stadion Wembley mengizinkan azan berkumandang. Pasalnya, di sana sedang bertepatan dengan program buka puasa yang diselenggarakan oleh The Ramadan Tent Project dengan tajuk Open Iftar 2019.

Even ini diselenggarakan untuk memberikan pemahaman mengenai ajaran Islam, puasa, dan ramadan kepada penduduk non-Muslim di London. Program ini sudah berlangsung dalam enam tahun terakhir, tapi baru pertama kali azan berkumandang di Stadion Wembley.

"Open Iftar atau biasa disebut buka puasa bersama yang boleh diikuti oleh orang-orang dari berbagai latar belakang berbeda. Acara tersebut tak hanya diperuntukkan bagi orang Islam, boleh dihadiri oleh orang-orang yang beragama lain, bahkan ateis sekalipun," tulis pernyataan resmi @muhammadhusein_gaza di akun sosial media Instagram, Sabtu (1/6/2019).

Namun, khusus untuk acara buka puasa bersama di bulan Ramadan yang berlangsung di Stadion Wembley, pihak penyelenggara telah bekerja sama dengan Asosiasi Sepak Bola Inggris (FA).

 
 
 
View this post on Instagram

Untuk pertama kalinya sepanjang sejarah berdiri Stadion Wembley mengumandangkan adzan dalam acara Open Iftar 2019. ㅤ Open Ifthar sendiri merupakan acara buka puasa bersama yang boleh diikuti oleh orang-orang dari berbagai latar belakang berbeda. Acara tersebut tak hanya diperuntukkan bagi orang Islam, boleh dihadiri oleh orang-orang yang berasal dari agama lain, bahkan atheist sekalipun. Tujuan acara Open Iftar dilakukan adalah untuk memperkenalkan kepada publik tentang bulan Ramadhan dan juga tentang agama Islam. Acara Open Iftar diadakan di tempat-tempat berbeda selama bulan Ramadhan. Khusus pada acara yang dilangsungkan di stadion Wembley kemarin, Open Iftar bekerja sama dengan federasi sepakbola Inggris (FA). . Respect! 😍 . 📽 @ilmfeed 📝 Extra Time.

A post shared by Liputan Timnas Indonesia (@liputantimnas) on

Saksikan video pilihan berikut ini:

Loading