Sukses

Tips Lindungi Smartphone Kamu dari Tangan Jahil Kala Mudik

Trik berikut ini bisa digunakan untuk menguatkan sistem pengamanan pada perangkat Android dari tangan jahil kala mudik Lebaran.

Liputan6.com, Jakarta - Kini, ribuan orang di Indonesia sedang melakukan rutinitas tahunan di Hari Raya Idul Fitri, yakni mudik ke kampung halaman.

Memasuki hari kedua setelah Lebaran (H+2), pemudik yang bersilaturahmi ke kampung halaman pun sudah mulai melakukan perjalanan balik ke Ibukota.

Sepanjang perjalanan arus balik yang padat tersebut, wajar bilamana banyak pemudik lebih banyak menghabiskan waktunya menggunakan perangkat mobile, seperti smartphone atau tablet.

Melihat ramainya pemudik, tak sedikit pula banyak 'tangan-tangan jahil' yang memanfaatkan kondisi fisik pemudik yang lelah dalam perjalanan untuk melancarkan aksinya.

Alhasil, smartphone atau tablet dapat raib tanpa sepengetahuan. Dengan berbagai data yang ada di dalam perangkat pun hilang tanpa jejak.

Jika kamu salah satu pengguna yang memiliki data-data penting tersimpan di smartphone Android, trik berikut ini bisa digunakan untuk menguatkan sistem pengamanan pada perangkat Android.

1. Enkripsi Data

Mengenkripsi data adalah mengamankan data dengan kode rahasia yang hanya diketahui oleh kamu.

Menggunakan enkripsi akan membantu meningkatkan sistem keamanan dan kamu dapat membuka enkripsi saat menggunakan jenis pengaturan di smartphone.

2. Kunci Semua Aplikasi

Kamu perlu mengunci semua aplikasi. Ini adalah bagian terpenting untuk jenis aplikasi yang terdapat informasi pribadi di mana kamu tidak ingin orang lain mengetahuinya.

Cari berbagai aplikasi pengunci, kemudian nonaktifkan pilihan yang memungkinkan akses sederhana dan mudah, kecuali kamu ingin ada orang tertentu yang memiliki akses tersebut.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Pakai Sistem ​Keamanan ​​Built-In

Ilustrasi security, keamanan siber, kata sandi, password

Untuk semua jenis kuncian layar yang tersedia, mulai dari password, pin hingga ke pola untuk membuka ponsel, pastikan kamu menggunakan setidaknya satu kunci layar yang dapat ditemukan dalam pengaturan Android.

Buatlah password yang tidak mudah ditebak untuk lebih meningkatkan sistem keamanan ponsel.

4. Jangan Simpan Semua Sandi

Banyak orang menyimpan semua password mereka ke situs dan layanan online yang mereka gunakan.

Jika kamu juga melakukan ini, kemudian ada orang yang mendapatkan perangkat kamu, maka mereka akan memiliki akses ke semua password kamu.

Jangan pernah menyimpannya di perangkat Android kamu, khususnya untuk sandi perbankan dan aplikasi pembayaran.

5. Bikin Beberapa Akun Pengguna

Jika kamu berbagi perangkat dengan orang lain misalnya pasangan atau anak, adalah penting setiap pengguna memiliki akun pribadi mereka sendiri untuk melindungi privasi.

Jika mempunyai perangkat keluaran terbaru, maka kamu bisa membuat akun tamu untuk pengguna yang lainnya, seperti yang terdapat pada komputer desktop kamu.

(Ysl/Jek)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.