Sukses

4 Cara Mudah Hindari Bau Mulut Saat Puasa

Tak makan dan minum seharian saat puasa menimbulkan bau tak sedap pada mulut, pakai cara ini untuk meminimalisirnya.

Liputan6.com, Jakarta Masalah bau mulut kerap dialami saat puasa, hampir semua orang pasti merasakannya, deh. Meski dibilang bau mulut orang puasa itu bau Surga, tapi siapa juga yang nyaman dengan bau mulut? Jangankan orang lain, diri sendiri pun tak nyaman, kan?

Bau mulut saat puasa timbul karena kurangnya jumlah air liur di dalam mulut, padahal air liur itu berfungsi sebagai antiseptik alami dan bisa menghambat pertumbuhan bakteri penyebab bau mulut.

Nah, supaya puasamu tetap lancar tanpa gangguan bau tak sedap, lakukan saja hal-hal ini untuk mencegah bau yuk!

1. Banyak minum air putih saat sahur dan berbuka

Air putih yang kamu konsumsi membantu menjaga mulutmu agar tidak kering dan kuman penyebab bau berkembang biak. Minumlah 1,5-2 liter air sejak buka puasa sampai sahur.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Cara Menghindari Bau Mulut Saat Puasa

2. Minum teh hijau pahit

Untuk meminimalisir bau mulut, coba konsumsi teh hijau tanpa gula saat sahur.

Teh hijau mengantung zat polyphenol yang bisa membantu pembersihan bakteri di area saluran napas. Dengan mengonsumsi teh hijau saat sahur, bau mulut saat puasa akan berkurang!

3. Sikat gigi rutin dan pakai obat kumur

Jangan khawatir, sikat gigi diperbolehkan kok saat puasa. Asal kamu tidak menelan air dan busa-busa dari pasta giginya saja saat berkumur.

Untuk mengurangi bau mulut saat puasa, tetaplah sikat gigi setelah makan sahur dan saat bangun tidur. Jika kamu sudah tak nyaman dengan kondisi mulut saat puasa, kamu bisa berkumur dengan obat mulut agar kembali segar.

3 dari 3 halaman

Bukan Cuma Gigi, Lidah Juga Perlu Dibersihkan Kalau Tak Ingin Bau

4. Bersihkan lidah

Sisa-sisa kotoran yang terdapat di lidah lebih berpotensi bikin mulut bau dibanding sisa kotoran yang menempel di gigi. Jadi, sikat gigi saja tidak cukup.

Lanjutkanlah dengan membersihakan lidah untuk membuat kamu terhindar dari bau mulut saat puasa.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.