Sukses

Momen Ramadan Lebih Meriah dengan Emoji Spesial dari Twitter

Liputan6.com, Jakarta - Berbagai momen penting selalu dimeriahkan Twitter dengan emoji, tak terkecuali untuk Ramadan pada tahun ini.

Untuk menyambut datangnya bulan Ramadan, Twiter kembali meluncurkan tiga emoji berbeda dengan desain baru.

Tiga emoji tersebut berupa bulan sabit, piring dan gelas, serta lentera. Ketiga emoji itu akan muncul ketika pengguna mengetik kata kunci tertentu.

Berikut rincian emoji edisi Ramadan 2018 di Twitter, seperti dikutip dari keterangan resmi Twitte Indonesiar, Kamis (17/5/2018).

1. Emoji bulan sabit akan muncul saat pengguna menggunakan tagar-tagar berikut: #Ramadan, #Ramadhan, #BulanPuasa, #Puasa dan #ngabuburit.

2. Emoji bergambar piring dan gelas akan muncul saat tagar-tagar berikut digunakan: #Sahur, #BukaPuasa, #Takjil, #Kurma, #IftarRamadan dan #Iftar.

3. Emoji berikutnya adalah sebuah lentera yang menggambarkan semangat dalam menjalankan ibadah puasa. Gunakan tagar #Ramadan_lanterns, #Ramadan_lantern, #Ramadanlanterns, dan #Ramadanlantern untuk melihat emoji tersebut.

2 dari 3 halaman

Twitter Kerja Sama dengan Liputan6.com

Selain emoji baru, Twitter Indonesia juga bekerja sama dengan beberapa mitra untuk membantu pengguna mencari beragam informasi terkait Ramadan. Liputan6.com merupakan salah satu mitra tersebut.

Liputan6.com akan mengaktifkan Direct Message otomatis, yang dikembangkan oleh GDI Lab, untuk memudahkan pengguna Indonesia menemukan informasi terkait Ramadan di Twitter.

Informasi ini termasuk tentang waktu salat, resep makanan untuk Ramadan, serta informasi terkait lain yang membantu pengguna selama perjalanan mudik.

Selain itu, Twitter juga bermitra dengan @sabistriming, yang merupakan sebuah hub bagi para kreator konten multi vertikal.

Melalui kerja sama ini akan ada siaran regular dalam berbagai kategori selama Ramadan dari #BlueRoom Twitter Indonesia di Jakarta.

3 dari 3 halaman

Penelitian tentang Ramadan

Twitter menggelar survei tentang bagaimana orang merayakan Ramadan, yang dirilis pada April 2018. Salah satu hasilnya, sebesar 71 persen responden di Indonesia mengaku tertarik menonton acara yang disiarkan langsung di Twitter selama bulan Ramadan.

Waktu yang dihabiskan untuk menonton video di Twitter juga meningkat selama Ramadan. Twitter mencatat, durasi menonton video di Twitter meningkat 157 persen di bulan Ramadan.

Hasil survei ini juga mencerminkan dengan yang terjadi di dunia nyata, salah satunya tentang kebiasaan berbelanja selama Ramadan. Banyak yang berbagi keinginannya di Twitter untuk membeli barang-barang seperti pakaian dan perhiasan, hingga tiket pesawat dan ponsel.

Riset ini juga menunjukkan, bahwa religi menjadi konten Ramadan yang paling banyak dinikmati di Twitter, diikuti oleh makanan atau memasak.

Lima jenis konten yang paling dinikmati oleh pengguna Twitter di Indonesia selama Bulan Ramadan adalah religi, makanan atau memasak, komedi, kesehatan dan destinasi perjalanan. Tidak jauh berbeda dengan konten populer di TV selama Ramadan yakni religi, makanan atau memasak, komedi, destinasi tujuan dan hiburan umum.

(Jek/Ysl)

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

Artikel Selanjutnya
Pilihan Menu Sahur Praktis di Bulan Ramadan
Artikel Selanjutnya
4 Doa yang Baik Dibaca bagi yang Sedang Berpuasa