Sukses

Mantan CEO Twitter Jack Dorsey Kucurkan USD 21 Juta ke OpenSats untuk Kembangkan Bitcoin

OpenSats memiliki sejarah dalam mendukung berbagai ide untuk membantu memperluas dunia Bitcoin dan proyek sumber terbuka lainnya.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan CEO Twitter Jack Dorsey telah memberikan sumbangan mengejutkan sebesar USD 21 juta atau sekitar Rp 336,57 miliar (kurs Rp 16.027,15 per USD) ke OpenSats. OpenSats adalah sebuah platform yang didedikasikan untuk mendanai pengembangan Bitcoin (BTC).

Organisasi nirlaba tersebut mengumumkan donasi Dorsey, yang mengindikasikan bahwa dana tersebut akan digunakan untuk meningkatkan sumber daya yang tersedia untuk proyek sumber terbuka. Sehingga memberikan pendanaan penting bagi para inovator di seluruh dunia.

Jack Dorsey, yang memimpin Twitter (sekarang dikenal sebagai X) dari 2015 hingga 2021, mengonfirmasi hal itu dan memperingatkan pengembang Bitcoin mengenai perlunya memasukkan langkah-langkah privasi di tingkat protokol. Selain mendukung proyek sumber terbuka, kontribusi Dorsey juga mencakup dana yang dialokasikan untuk pembelaan hukum bagi pengembang Bitcoin, yang mencerminkan dukungan berkelanjutan CEO Square terhadap komunitas Bitcoin dan keyakinannya terhadap potensi komunitas Bitcoin untuk merevolusi keuangan dan teknologi.

Melansir crypto.news, Senin (6/5/2024), OpenSats juga menyatakan bahwa mereka memasukkan USD 15 juta ke dalam dana umum (General Fund), USD 5 juta ke dalam Dana Nostr (Nostr Fund), dan USD 1 juta ke dalam anggaran operasional.

Dana Umum adalah kumpulan uang yang terdiri dari sumbangan individu dan organisasi yang digunakan untuk mendukung proyek dan kontributor sumber terbuka dan gratis terkait Bitcoin. Sementara Dana Nostr mendukung pengembangan Nostr, jaringan sosial terdesentralisasi yang menggunakan relay untuk mengirim dan menerima pesan. Platform ini semakin populer dan kini memiliki 16 juta pengguna, dengan setengah juta dilaporkan masuk setiap hari.

OpenSats memiliki sejarah dalam mendukung berbagai ide untuk membantu memperluas dunia Bitcoin dan proyek sumber terbuka lainnya. Mereka telah mendukung 21 tim sebelumnya, seperti BTCPay Server, yang memungkinkan pengguna memproses pembayaran di server mereka sendiri, dan Bitcoin Policy Institute.

“Jika Anda adalah pengembang sumber terbuka yang membutuhkan pendanaan, jangan ragu untuk melamar,” tulis OpenSats dalam blognya. Organisasi ini mengundang pengembang dari seluruh penjuru dunia untuk memanfaatkan peluang ini dengan mengunjungi opensats.org/apply.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

15 Tahun Diciptakan, Bitcoin Capai 1 Miliar Transaksi

Sebelumnya, jaringan aset kripto Bitcoin telah memproses transaksi sebesar 1 miliar yang menandakan momen penting bagi jaringan ini 15 tahun setelah diciptakan.

Dikutip dari cointelegraph, Senin (6/5/2024), Dasbor Bitcoin Clark Moody menunjukkan bahwa transaksi 1.000.000.000 telah tercapai, yang ditambang ke blok 842.241 pada pukul 21.34 UTC pada tanggal 5 Mei 2024.

Transksi yang ke 1 miliar ini terjadi 15 tahun, empat bulan dan empat hari setelah pencipta nama samaran Bitcoin (BTC), Satoshi Nakamoto, menambang blok pertama jaringan tersebut pada 3 Januari 2009.

Ini berarti rata-rata 178,475 transaksi harian telah dilakukan pada Bitcoin dalam 5.603 hari keberadaannya.

Namun, jumlah transaksi tidak termasuk transaksi yang dilakukan di Lightning Network, jaringan lapisan 2 Bitcoin yang terutama berfokus pada pembayaran mikro.

Data dari bursa khusus Bitcoin, River, menemukan bahwa Lightning Network memproses perkiraan batas bawah sebesar 6,6 juta transaksi saja pada Agustus 2023 — yang dapat menunjukkan bahwa ratusan juta transaksi telah dilakukan di Lightning sejak diluncurkan pada bulan Januari 2018.

Transaksi harian pada Bitcoin melonjak sekitar acara halving keempat jaringan pada tanggal 20 April, termasuk rekor tertinggi 926.000 transaksi yang diproses pada tanggal 23 April.

Sebagian besar permintaan ini datang dari peluncuran protokol Runes – standar token Bitcoin baru, di blok 840.000.

Meski begitu, jumlah transaksi harian Bitcoin telah berkurang menjadi 660.260 pada 4 Mei.

Meskipun Bitcoin adalah jaringan mata uang kripto tertua, ini bukanlah jaringan pertama yang memproses satu miliar transaksi.

Saingan terbesar Bitcoin, Ethereum, telah memproses lebih dari 2 miliar transaksi sejak diluncurkan pada Juli 2015, menurut data Etherscan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini