Sukses

Kisah Gus Dur Dijagokan Jadi Komentator Bola untuk Program TV

Sepak bola bagi Gus Dur bukan sekadar hobi, dulu pernah diminta jadi komentator sepak bola di TV.

Liputan6.com, Jakarta - Presiden ke-4 RI sekaligus Ketua Umum PBNU tiga kali berturut-turut KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) adalah seorang tokoh Islam yang dikenal karena kepemimpinannya yang berpengaruh dalam banyak bidang, termasuk politik, agama, dan sosial.

Meskipun ia dikenal lebih karena kepemimpinannya dalam konteks agama dan politik, ia juga memiliki minat yang luas dalam berbagai bidang, dan hobi, termasuk sepak bola.

Sebenarnya, pengetahuan Gus Dur tentang bola cukup terkenal di kalangan penggemar sepakbola di Indonesia. Gus Dur sering menunjukkan minatnya dalam berbicara tentang permainan ini, baik di forum publik maupun dalam wawancara media.

Gus Dur juga tidak segan-segan untuk menghadiri pertandingan sepak bola jika ada kesempatan, dan ia juga menyatakan dukungan dan semangatnya kepada tim-tim sepakbola Indonesia.

Kemampuannya untuk berbicara tentang sepakbola dengan cerdas dan menarik, serta minatnya yang jelas terhadap olahraga ini, membuat banyak orang terkesan dan menghormatinya, termasuk para penggemar sepakbola.

Meskipun tidak banyak dikenal di luar negeri sebagai seorang pakar sepakbola, Gus Dur dianggap memiliki pengetahuan dan pemahaman yang baik tentang permainan ini.

Simak Video Pilihan Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Komentator Sepak Bola

Menukil Tebuirengonline, sang ulama karismatik ini lahir pada tanggal 4 Agustus 1940 di sebuah desa yang terletak di sebelah barat Jombang, Denanyar, Jawa Timur. Gus Dur merupakan putra sulung dari tokoh pahlawan Indonesia, yakni KH Abdul Wahid Hasyim dan bu Nyai Sholichah.

Gus Dur kecil sangat gemar membaca, Ia rajin memanfaatkan perpustakaan pribadi milik ayahnya serta rajin berkunjung ke perpustakaan umum di Jakarta. Baru menginjak usia belasan tahun Gus Dur sudah akrab dengan berbagai majalah, surat kabar, novel, dan buku.

Di samping membaca ternyata Gus Dur juga mempunyai hobi unik lainnya, bermain bola, catur, musik, serta menonton film. Sampai-sampai Gus Dur sempat ditawarkan untuk menjadi komentator pertandingan sepak bola di televisi.

Masa remaja Gus Dur sebagian besar dihabiskan di Yogyakarta dan Tegalrejo. Di dua tempat inilah pengembangan ilmu pengetahuannya mulai meningkat. Masa berikutnya, Gus Dur tinggal di Jombang, di Pesantren Tambak Beras, sampai kemudian melanjutkan studinya ke Kairo Mesir.

3 dari 3 halaman

Sekelumit Perjalanan Gus Dur

Sebelum berangkat ke Mesir, pamannya telah melamarkan seorang gadis untuknya yaitu Sinta Nuriyah anak Haji Muh Sakur. Perkawinannya dilaksanakan ketika Gus Dur telah berada di Mesir.

Sepulang dari pengembaraannya mencari ilmu, Gus Dur kembali ke Jombang dan memilih menjadi guru. Pada tahun 1971 Gus Dur bergabung di Fakultas Ushuludin Universitas Tebu Ireng Jombang. Tiga tahun kemudian menjadi sekretaris Pesantren TebuIreng dan pada tahun yang sama Gus Dur mulai menjadi penulis.

Gus Dur kembali menekuni bakatnya sebagai penulis dan kolumnis. Lewat tulisan-tulisan tersebut gagasan pemikiran Gus Dur mulai mendapat perhatian banyak orang.

Pada tahun 1979 Gus Dur pindah ke Jakarta. Mula-mula merintis Pesantren Ciganjur. Sementara pada awal tahun 1980 Gus Dur dipercaya sebagai Wakil Katib Syuriah PBNU. Di sini Gus Dur terlibat dalam diskusi dan perdebatan yang serius mengenai masalah agama, sosial, dan politik, dengan berbagai kalangan lintas agama, suku, dan berbagai disiplin keilmuan. Gus Dur semakin serius menulis dan bergelut dengan dunianya baik di lapangan kebudayaan, politik, maupun pemikiran keislaman.

Pada tahun 1984 Gus Dur dipilih secara aklamasi oleh ahl hall wa al-`aqdi yang diketuai KH. As`ad Syamsul Arifin untuk menduduki jabatan Ketua Umum PBNU pada Muktamar ke-27 di Situbondo. Jabatan tersebut kembali dikukuhkan pada Muktamar ke-28 di Pesantren Krapyak Yogyakarta tepat pada tahun 1989 dan muktamar di Cipasung Jawa Barat 1994.

Jabatan ketua umum PBNU kemudian dilepas ketika Gus Dur mulai menapak perjuangan sebagai Presiden ke-4 RI. Selama menjadi presiden, tidak sedikit pemikiran Gus Dur kontroversial. Seringkali pendapatnya berbeda dari pendapat banyak orang, akan tetapi Gus Dur tetaplah Gus Dur Ia tahu betul apa yang Ia lakukan, sehingga seringkali diakui kebenarannya kontroversinya jauh setelah pertentangan panjang beredar.

Putra KH. Abdul Wahid Hasyim ini ternyata juga memiliki saudara kandung yang kiprah perjuangannya tak kalah jauh oleh kakaknya, yaitu KH Salahuddin Wahid atau akrab dipanggil Gus Sholah.

Penulis: Nugroho Purbo/Madrasah Diniyah Miftahul Huda 1 Cingebul

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.