Sukses

Jokowi Makan Bakso Bareng Prabowo, Anies: Mudah-mudahan Baksonya Enak

Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan menanggapi soal momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan bakso bersama Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut dua Prabowo Subianto di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). Anies berharap bakso yang dimakan Jokowi dan Prabowo enak.

Liputan6.com, Jakarta Calon presiden (capres) nomor urut satu Anies Baswedan menanggapi soal momen Presiden Joko Widodo (Jokowi) makan bakso bersama Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut dua Prabowo Subianto di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024). Anies berharap bakso yang dimakan Jokowi dan Prabowo enak.

"Ya mudah-mudahan baksonya enak ya," kata Anies Baswedan di Kampung Muka, Ancol, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (29/1/2024).

Anies mengaku tidak ambil pusing dengan pertemuan antara Jokowi dan Prabowo itu. Menurutnya, kubu Anies-Muhaimin (AMIN) saat ini fokus memaksimalkan masa kampanye untuk menjangkau masyarakat.

"Kami sekarang ini konsentrasinya menjangkau masyarakat, menyampaikan rencana, menyampaikan pesan, harapan, karena itulah yang kami ingin kerjakan," kata Anies.

Mantan gubernur DKI Jakarta periode 2012-2022 itu mengajak masyarakat memperhatikan mana pasangan capres dan cawapres yang betul-betul turun ke rakyat dan mana yang tidak.

"Jadi kalau diperhatikan fokus kita adalah perubahan. Dan bagi masyarakat juga, silakan perhatikan mana yang fokusnya pada perubahan rakyat mana yang sekadar membicarakan kekuasaan," jelas Anies.

Usai meresmikan gedung Graha Utama Akademi Militer (Akmil) Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024), Presiden Jokowi dan Menhan sekaligus capres nomor urut dua, Prabowo Subianto, mengunjungi Pasar Desa Bandongan, Magelang, Jawa Tengah. Kunjungan Jokowi dan Prabowo ke Pasar Bandongan untuk makan bakso di Warung Bakso Pak Soleh.

Berdasarkan pantauan Liputan6.com, Jokowi dan Prabowo tiba di Pasar Desa Bandongan pukul 13.00 WIB. Jokowi dan Prabowo sama-sama turun dari mobil kepresidenan-1.

Sejumlah artis dan influencer ternama Indonesia ikut mendampingi Jokowi dan Prabowo makan bakso. Mereka antara lain, Raffi Ahmad, Nagita Slavina, Deddy Corbuzier, Ria Ricis, hingga Tarra Budiman.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Tanggapan Ganjar soal Jokowi Makan Bakso Bareng Prabowo di Magelang

Capres nomor urut 3, Ganjar Pranowo, sebelumnya juga merespons aksi Presiden Jokowi makan bakso bersama capres nomor urut 2, Prabowo Subianto, di Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

Menurut Ganjar, publik akan mempertanyakan status Presiden Jokowi apakah cuti atau tidak ketika momen itu berlangsung.

"Ya kadang-kadang menjadi bias, mana fakta mana regulasi. Nanti pasti akan ada orang yang bertanya soal ini. Cutikah saudara? Begitu. Nanti yang lain akan menjawab bahwa ini bukan kampanye," ujar Ganjar Pranowo di Kota Ambon, Maluku, Senin (29/1/2024).

Ganjar Pranowo menilai, antara fakta dengan aturan terkadang menjadi perdebatan, khususnya dalam kontestasi pilpres 2024.

Dia pun meminta sebagai masyarakat sipil dan secara luas agar pemegang kekuasaan menggunakan kewenangannya sesuai aturan serta menjunjung tinggi netralitas pada pemilu 2024.

"Itu yang hari ini menjadi perdebatan. Maka jangan sampai kita mempertaruhkan demokrasi kita yang semakin berjalan baik dengan perilaku-perilaku yang barangkali tidak mengikuti ketentuan," kata Ganjar Pranowo.

3 dari 4 halaman

Ganjar Tunggu Pernyataan Terbuka Jokowi soal Dukungan

Ganjar menilai momen makan bakso bersama itu semakin menunjukkan kejelasan arah dukungan Presiden Jokowi dalam kontestasi pilpres 2024.

"Ya saya kira itu simbol yang makin meyakinkan dukungan Pak Jokowi ke mana," ujar Ganjar.

Ganjar menegaskan arah dukungan yang semakin jelas dari Jokowi tentu menjadi hal bagus dalam pesta demokrasi kali ini.

Oleh karena itu, dia pun berharap ada pernyataan secara lugas dan langsung ke publik dari mantan gubernur DKI Jakarta itu terkait arah dukungan di pemilu 2024.

"Buat kami makin bagus. Apalagi kalau ada statement terbuka, sehingga nanti tidak ada interpretasi lain, dan kami sangat menghormati itu," jelas Ganjar.

"Mungkin habis itu makan soto, habis itu makan gudeg, gitu ya. Boleh saja," lanjut Ganjar Pranowo sambil tertawa.

4 dari 4 halaman

Jokowi Ungkap Pembicaraan dengan Prabowo saat Makan Bakso Bareng di Magelang

Presiden Jokowi mengungkapkan pembicaraan saat makan bakso berdua bersama Menteri Pertahanan sekaligus capres nomor urut 2 Prabowo Subianto di Pasar Desa Bandongan, Magelang, Jawa Tengah, Senin (29/1/2024).

Jokowi dan Prabowo terpantau berbicara cukup santai dipenuhi gelak tawa saat makan bakso bersama. Mantan rival di pilpres 2014 dan 2019 itu duduk satu meja serta saling berhadapan.

"Ngobrolin bakso, ngobrolin kelapa muda, ngobrolin tahu goreng, udah gitu," kata Jokowi kepada wartawan, Senin (29/1/2024).

Agenda makan bakso dilakukan usai Jokowi yang didampingi Prabowo meresmikan Gedung Graha Utama Akademi Militer (Akmil) Magelang. Jokowi dan Prabowo serta para artis ternama kemudian mengunjungi Pasar Bandongan untuk makan bakso.

"Ya ini kan tadi baru. Ini kan baru saja saya dengan Pak Prabowo meresmikan Graha Utama di Akademi Militer Magelang. Setelah itu makan bakso, sudah," ucap Jokowi.

"Makan bakso, baksonya enak, udah gitu aja. Menunya sama, habis," sambung Jokowi.

Prabowo sendiri menyukai bakso yang direkomendasikan oleh Jokowi itu. Dia menilai Jokowi mengetahui banyak makanan enak.

"Pak Jokowi tahu di mana makan enak, di mana-mana sudah tahu Beliau," kata Prabowo.

Usai makan bakso, Jokowi dan Prabowo menyapa masyarakat. Mereka juga berfoto bersama masyarakat yang sudah menunggu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.