Sukses

Yusril Soal Penampilan Prabowo di Debat Capres: Saya Sangat Surprised, Beliau Tampil Luar Biasa

Yusril juga menyebut, Prabowo Subianto berjanji untuk mendirikan Badan Pusat Legislasi Nasional bila menang Pilpres 2024.

Liputan6.com, Jakarta - Wakil Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional Prabowo-Gibran, Yusril Ihza Mahendra menilai apik penampilan capres Prabowo Subianto pada debat perdananya. Dia menyebut, Prabowo sangat memahami permasalahan dan kondisi hukum Tanah Air.

"Saya sangat surprised dengan Pak Prabowo. Dia selalu berdiskusi panjang dengan kami semua. Beliau tampak menguasai materi. Alhamdulillah beliau tampil luar biasa," kata Yusril, dalam keterangannya, Rabu (13/12/2023).

Ia juga menyebut, capres nomor urut 2 Prabowo Subianto berjanji untuk mendirikan Badan Pusat Legislasi Nasional bila menang Pilpres 2024. Janji itu merupakan bagian dari komitmen Prabowo untuk memperkuat hukum di Indonesia.

"Badan Pusat Legislasi Nasional berperan untuk mengharmonisasikan berbagai undang-undang dan peraturan mulai dari pusat hingga daerah, jadi ada semacam harmonisasi hukum," kata Yusril.

Menurut Ketua Umum Partai Bulan Bintang (PBB) ini, kehadiran lembaga itu menjadi penting agar didedikasikan khusus untuk perundang-undangan.

"Nantinya, badan itu akan bertugas membentuk dan mengkaji peraturan perundang-undangan di Indonesia," ujar dia.

Adapun debat pertama yang digelar di halaman kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) mengusung tema Hukum, Hak Asasi Manusia, Pemberantasan Korupsi, Pemerintahan dan Peningkatan Pelayanan Publik, Penguatan Demokrasi, serta Penanganan Disinformasi dan Kerukunan Warga.

Pada sesi debat capres, Prabowo menyebut bahwa kesejahteraan aparat menjadi fondasi penting untuk memperkuat hukum di Indonesia. Dia pun berjanji untuk menaikkan gaji para penegak hukum, sehingga mereka tidak lagi tergiur untuk melakukan praktik-praktik nepotisme.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Perbaiki Kualitas Hidup Semua Hakim

"Manakala saya menerima mandat dari rakyat, saya akan memperbaiki kualitas hidup semua hakim di Indonesia, semua pekerja di sekitar pengadilan, dan semua penegak hukum akan saya perbaiki kualitas hidupnya. Jadi mereka tidak melakukan korupsi, itu komitmen saya kepada rakyat Indonesia," kata Prabowo saat debat capres di KPU, Selasa (12/12).

Ketika memaparkan visi-misinya, Prabowo berjanji untuk menempatkan hukum, hak asasi manusia, pelayanan publik yang baik, dan pemberantasan korupsi sebagai nilai utama pada pemerintahannya.

“Karena itu dalam visi misi kita, hal-hal ini ditaruh di paling atas. Republik itu harus didasarkan atas hukum dan kedaulatan rakyat. Itulah perjuangan saya selama ini dan saya pertaruhkan nyawa saya, jiwa saya untuk membela demokrasi hukum dan HAM kita,” katanya.

Reporter: Muhammad Genantan Saputra/Merdeka.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.