Sukses

Silaturahmi di Ponpes Qashrul Arifin,Yenny Wahid Dengarkan Aspirasi Santri untuk Ganjar-Mahfud

Yenny Wahid mengatakan, silaturahmi ini untuk mendengarkan aspirasi masyarakat sekaligus mensosialisasikan pasangan capres -cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

Liputan6.com, Jakarta - Dewan Penasihat Tim Pemenangan Nasional (TPN) Ganjar-Mahfud, Zannuba Ariffah Chafsoh atau yang dikenal dengan Yenny Wahid menghadiri acara Silaturahmi Kebangsaan bertajuk "Santri Titip Aspirasi" di Pondok Pesantren (Ponpes) Qashrul' Arifin, Minomartani, Ngaglik, Sleman, Sabtu malam 9 Desember 2023.

Yenny Wahid mengatakan, silaturahmi ini untuk mendengarkan aspirasi masyarakat sekaligus mensosialisasikan pasangan capres -cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dan Mahfud Md.

"Silaturahmi mendengarkan aspirasi masyarakat terutama menyangkut apa sih yang mereka harapkan dari paslon yang kami dukung Pak Ganjar dan Pak Mahfud untuk kemudian kita teruskan. Dan di kemudian hari aspirasi itu harus kita perjuangkan untuk menjadi kebijakan negara," kata Yenny dalam keterangannya, Minggu (10/12/2023).

Yenny mengungkapkan alasan memilih pondok pesantren sebagai tempat sosialisasi dan silaturahmi. Menurut putri Presiden Indonesia ke-4, KH. Abdurrahman Wahid atau Gus Dur ini, pondok pesantren adalah penyokong masyarakat Indonesia. Ketika dulu belum ada sistem formal di zaman Belanda pondok sudah eksis dan mengayomi masyarakat.

"Pondok itu fungsinya luar biasa mulai dari tempat pendidikan, tempat sosial, tempat rohani, tempat ekonomi, semua pusat pusatnya di pondok. Nah jadi fungsi pondok yang sangat multidimensi itu kemudian membuat pondok punya posisi yang sangat penting di tengah masyarakat. mereka menjadi pakunya komunitas," ungkapnya.

"Karena itulah kita menganggap penting sekali pondok itu dikuatkan, pondok itu harus menjadi partner dari pemerintah untuk mengayomi masyarakat," sambung Yenny.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Ganjar dan Mahfud Dekat dengan Kalangan Pesantren

Yenny menilai, masih banyak hal yang bisa ditingkatkan lagi keberpihakan negara kepada kalangan pondok pesantren. Hal itu yang membuatnya inhin mendengar lebih banyak aspirasi dari pondok.

"Jadi karena itulah saya kemudian berinisiatif untuk mendengarkan aspirasi dari kalangan pondok pesantren, kalangan tarekat, kalangan santri, seperti apa sih aspirasinya, apakah mereka merasa bagian dari pembangunan, apakah selama ini merasa ditinggalkan? mereka ini harus didengar suaranya," kata dia.

Yenny mengaku merasa senang pondok pesantren Qashrul' Arifin mendukung pasangan Ganjar -Mahfud. Menurutnya hal itu bukan tanpa alasan melainkan karena kedekatan Ganjar dan Mahfud terhadap kalangan pesantren.

"Mungkin itu karena melihat latar belakang keluarga Pak Ganjar misalnya Siti Atikoh, istrinya memang dari kalangan pondok pesantren. Pak Mahfud sendiri adalah seorang santri. Nah di sana langsung terlihat bahwa memang ada keterikatan. Jadi pondok juga merasa ada orang-orang yang dititipi aspirasi ke depan nanti di pemerintahan," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini