Sukses

Yusril Bisa Jadi Sosok Bacawapres Prabowo dari Luar Jawa, Dipandang Punya Jejak Rekam Baik

Ketua Umum Partai Gerindra yang juga bakal calon presiden Prabowo Subianto menyampaikan, hasil rapat bersama ketum Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Jumat, 13 Oktober 2023, telah menghasilkan 4 calon kuat bacawapresnya.

Liputan6.com, Jakarta Ketua Umum Partai Gerindra yang juga bakal calon presiden Prabowo Subianto menyampaikan, hasil rapat bersama ketum Koalisi Indonesia Maju (KIM) pada Jumat, 13 Oktober 2023, telah menghasilkan 4 calon kuat bacawapresnya.

Disebut Prabowo, ada 3 yang berasal dari pulau Jawa, sedangkan dari luar Jawa ada satu.

Terkait hal tersebut, Pakar Komunikasi Politik dan Komunikolog Indonesia, Emrus Sihombing, yang mengatakan bahwa jika lihat komposisi yang disebut oleh Prabowo Subianto adalah Yusril Ihza Mahendra untuk luar Jawa, Gibran Rakabuming Raka untuk Jawa Tengah, untuk Jawa Timur ada Khofifah Indar Parawansa, dan di Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Kenapa di luar Jawa itu Yusril, pasti Yusril siapa lagi yang pantas dan layak tokoh dari luar Jawa," kata Emrus, Sabtu (14/10/2023).

Emrus juga menjelaskan, kalau soal Gibran pastinya masih menunggu Putusan MK, Ridwan Kamil di Jawa Barat ada bayang-bayang Airlangga selaku Ketua Umumnya, Khofifah Parawansa untuk Jawa Timur harus dilihat lagi, karena suara NU pasti tetap akan terpecah dan Khofifah pernah bilang belum berpikir soal Cawapres.

"Para Ketua Umum Partai KIM ini harus memperhatikan semua aspek, orangnya harus bersih dan berintegritas, karena menurut data survei ada 64% warga menginginkan pemimpin yang bersih dan berintegritas. Track record bersih, bisa menarik suara NU, dan mampu menghadirkan keadilan ini figurnya ada di Yusril Ihza Mahendra," jelas Emrus.

Sebelumnya, Prabowo mengungkapkan saat ini kandidat cawapres dari Koalisi Indonesia Maju (KIM) telah mengerucut menjadi empat nama.

"Tentang cawapres kita juga tadi melaksanakan diskusi di mana setiap ketua partai menyampaikan pandangan-pandangannya yang akhirnya kita malam hari ini sudah mengerucut menjadi empat nama," ujar Prabowo.

 

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Muncul Nama Keempat

Sebelumnya, Ketua Umum (Ketum) Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengatakan, kandidat cawapres Prabowo Subianto sebenarnya sudah mengerucut di tiga nama.

Tiga nama tersebut yakni, Yusril Ihza Mahendra, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto dan Menteri BUMN Erick Thohir.

"Ya memang (saya) sudah diusulkan di depan, sudah diketahui di koalisi dan dipublikasikan di media. Di koalisi itu tinggal 3 nama waktu itu," kata Yusril, kepada wartawan di kawasan Jakarta Selatan, Jumat (13/10/2023).

Namun, secara tiba-tiba, kandidat cawapres Prabowo bertambah. Dia menyebut nama putra sulung Presiden Joko Widodo (Jokowi) Gibran Rakabuming Raka, Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, dan Menko PMK Muhadjir Effendy masuk dalam bursa cawapres Prabowo.

"Lalu muncul Gibran, Khofifah, lalu muncul Muhadjir Effendy. Mulanya ya tinggal 3 itu saja, antara Airlangga, Erick, dan saya. Karena Cak Imin sudah keluar koalisi," ungkapnya.

 

3 dari 4 halaman

Dibenarkan Fahri Hamzah

Wakil Ketum Partai Gelora Fahri Hamzah mengungkapkan, Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka menjadi salah satu dari empat kandidat bakal calon wakil presiden pendamping Prabowo Subianto.

"Iya salah satunya (Gibran)," kata Fahri di Jakarta, Sabtu (14/10/2023).

Menurut Fahri, Gibran merupakan tokoh yang memiliki kapasitas dan elektabilitas tinggi sebagai pemimpin.

"Ya kan dia punya kapasitas memimpin wilayah, merepresentasikan kaum millenial ya kan, basis di Jawa Tengah karena beliau kan apapun kan memang sangat menonjol," ujarnya.

Selain itu, berbagai survei menurut Fahri menempatkan Gibran dengan prestasi dan raihan tinggi.

"Bahkan surveinya, katanya survei calon Gubernur Jateng beliau yang paling tinggi, itu banyak sekali lah poin positif dari Mas Gibran itu," kata dia.

Selain Gibran, Fahri menyebut ada tokoh perempuan yang masuk kandidat cawapres Prabowo. Diketahui, nama Gubernur Jarim Khofifah Indar Parawangsa belakangan juga santer menjadi cawapres Prabowo.

"Iya, ada perempuannya," ucap dia.

4 dari 4 halaman

Prabowo Belum Ungkap Detail Cawapresnya

Prabowo belum bersedia menyebut secara detail identitas dari keempatnya. Dia hanya menyebut, empat nama berasal dari pelbagai provinsi di Indonesia.

"Satu calon dari luar Jawa, satu calon dari Jawa Barat, satu calon dari Jawa Tengah, satu calon dari Jawa Timur," ujar mantan Danjen Kopassus itu.

Prabowo mengatakan pihaknya masih memberikan kesempatan kepada masing-masing partai koalisi berembuk untuk menentukkan sosok yang dinilai layak menjadi bakal cawapres. Setelah itu baru diumumkan ke publik.

"Kita juga tugaskan jaringan kita dan mesin partai masing-masing untuk mengecek ke akar rumput kita. Kita akan kumpul dan beberapa hari lagi untuk memutuskan yang terakhir dari 4 menjadi 1," ujar Prabowo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini