Sukses

Menko Luhut: Pelaksanaan Pilkada Serentak Relatif Aman

Sebelumnya, kericuhan sempat terjadi di salah satu wilayah Kabupaten Fakfak, Papua Barat, dan ada 5 daerah ditunda.

Liputan6.com, Jakarta - Menteri Koordinator Bidang‎ Politik Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Luhut Binsar Pandjaitan mengatakan pelaksanaan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak di 264 titik yang meliputi provinsi dan kabupaten/kota berlangsung aman.

Meskipun, diakui Luhut, masih ada 1 titik kericuhan di salah satu wilayah Kabupaten Fakfak, Papua Barat.

"Jalannya Pilkada Serentak relatif aman. Di Indonesia Timur di Papua juga sudah enggak ada masalah. Cukup baik," kata Luhut saat memantau Pilkada Serentak di Tangerang Selatan, Banten, Rabu (9/12/2015).

 



Luhut berujar saat dirinya memantau di beberapa ‎tempat pemungutan suara (TPS) di Tangerang Selatan, banyak warga yang antusias menggunakan hak pilihnya.

"Tadi cukup bagus meskipun belum final, sudah 60 persen semua pemilih menggunakan hak pilih di TPS," ujar dia.

Selain itu, Luhut juga mengapresiasi seluruh pihak penyelenggara yang mensukseskan jalannya pelaksanaan pilkada serentak yang baru pertama digelar di Indonesia tersebut.

"Persiapan Mabes Polri s‎angat bagus. Indonesia Timur sudah selesai, di Timor Tengah Tenggara dan di Maluku Utara aman. TNI juga bagus koordinasinya. Bawaslu dan KPU juga sudah baik menjalankan peran masing-masing. Jadi yang kita takutkan itu tidak terjadi, meskipun 5 daerah ditunda waktu pilkadanya," ucap Luhut.**

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.