Sukses

Hyundai Bakal Gandeng Pertamina Kembangkan Kendaraan Hidrogen di Indonesia

Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai tidak hanya akan fokus terkait perkembangan kendaraan listrik saja

Liputan6.com, Jakarta - Produsen mobil asal Korea Selatan, Hyundai tidak hanya akan fokus terkait perkembangan kendaraan listrik saja. Jenama asal Negeri Korea Selatan ini juga siap untuk mengembangkan kendaraan hidrogen untuk pasar Indonesia.

Untuk mendorong pengembangan proyek hidrogen ini, Hyundai disebut berencana akan menggandeng perusahaan BUMN, Pertamina.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto dalam kunjungan kerja di Korea Selatan, beberapa waktu lalu bertemu dengan CEO Hyundai Motor Group Euisun Chung dan mengapresiasi upaya Hyundai yang terlibat aktif dalam berbagai proyek hidrogen secara global, dimulai dari Indonesia dengan Waste-to-Hydrogen, hingga pemanfaatan limbah masyarakat lokal.

"Saya apresiasi upaya Hyundai yang secara aktif mengimplementasikan solusi jaringan HTWO (H2). Hal ini tidak hanya akan menguntungkan Indonesia, tetapi juga akan menguntungkan pasar ASEAN dalam jangka panjang, karena hidrogen dapat berperan penting dalam mendorong gerakan netralitas karbon dan pembangunan ekonomi," jelas Menko Airlangga, dalam keterangan resmi.

Sementara itu, Pemerintah Indonesia saat ini juga sedang mengakselerasi pengembangan kendaraan listrik (EV) di Indonesia melalui penyusunan peta jalan pengembangan EV, pemberian berbagai insentif, dan pengembangan ekosistem EV di Indonesia.

"Hyundai juga merupakan salah satu produsen mobil listrik yang mumpuni, sehingga kami mendorong Hyundai memberikan peningkatan kapasitas bagi UMKM atau supplier lokal, atau engineer Indonesia untuk menguasai urusan EV, tidak hanya mobil, tapi mesin, serta turunannya seperti stasiun pengisian daya dan supaya Hyundai dapat lebih melibatkan pemasok lokal di daerah sekitar pabriknya," tutup Menko Airlangga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Kona Electric Bakal Jadi Mobil Listrik Termurah Hyundai

Setelah debut sebagai unit nyata di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2024 pada Februari lalu, mobil listrik Hyundai Kona Electric kini mulai menampakkan kesiapannya di pasar nasional.

PT Hyundai Motor Indonesia (HMID) baru saja mengumumkan bahwa mobil listrik Hyundai tersebut akan tersedia dengan harga sekitar Rp 500 juta.

Bersamaan dengan agenda Hyundai Aloha Mid Year di Aloha Pasir Putih, Pantai Indah Kapuk 2, Jakarta, HMID mulai buka-bukaan soal harganya.

"Range harganya betul sekitar Rp 500 jutaan. Harga tersebut sudah kita pantau dari sejak IIMS kemarin bulan Februari," beber Fransiscus Soerjopranoto, Chief Operating Officer PT HMID dalam agenda tersebut, Jumat (24/5/2024).

Harga tersebut membawa Kona Electric sebagai mobil listrik termurah Hyundai di Indonesia, karena harganya yang berada jauh di bawah duo seri Ioniq.

Harga tersebut bisa dicapai berkat modelnya yang digadang-gadang bakal diproduksi lokal lewat fasilitas di Cikarang, Jawa Barat. Sementara baterainya akan datang dari pabrik Hyundai LG Indonesia (HLI) Green Power di Karawang.

3 dari 3 halaman

Infografis Selamat Datang Era Mobil Listrik di Indonesia

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini