Sukses

Mulai Produksi 2024, Pabrik Baterai Hyundai Siap Dukung Indonesia Kuasai Industri EV ASEAN

Liputan6.com, Jakarta - Hyundai Motor Group, melalui Hyundai Energy Indonesia (HEI) resmi membangun pabrik pertamanya di Indonesia, dan juga di Asia Tenggara.

Selain itu, pabrikan asal Korea Selatan ini, juga melibatkan Hyundai Mobil, sebagai pemain kunci dari elektrifikasi industri otomotif global, untuk mendukung sistem EV PE (Power Electric) yang merupakan inti dari kendaraan listrik.

Berlokasi di Cikarang, Bekasi, Jawa Barat, fasilitas perakitan baterai kendaraan listrik Hyundai ini, akan berdiri di lahan seluas 32.188 meter persegi.

Pabrik ini akan memproduksi battery system untuk dipasok ke model-model battery electric vehicle (BEV) yang dibuat di Indonesia, yang diharapkan dapat dirilis di pasar Asia Tenggara pada 2024.

Adapun komponen tersebut nantinya akan dioptimalkan dengan dua jenis sel baterai, yaitu kapasitas standar dan kapasitas besar untuk jarak tempuh yang lebih jauh.

Menariknya, Hyundai melalui Hyundai Motor Group juga akan memproduksi sel baterai tersebut di Indonesia lewat joint venture dengan LG Energy Solution dalam pembangunan pabrik sel baterai di Karawang, Jawa Barat, yang masih proses pembangunan saat ini.

Young Tack Lee, President Hyundai Motor ASEAN Headquarters mengatakan, upaya pihaknya dalam memperkuat ekosistem kendaraan listrik Hyundai di Indonesia menegaskan posisi perusahaan, yang memegang peran penting untuk mendukung pemerintah dalam memajukan ekosistem kendaraan listrik Tanah Air dan menjadi yang terdepan di Asia Tenggara.

"Pabrik battery system ini pun memegang peran penting dalam melengkapi value chain dari kendaraan listrik di Indonesia," ujar Young Tack Lee, dalam peresmian pabrik baterai Hyundai di Indonesia, Rabu (31/5/2023).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Nilai Tambah

Selain itu, Young juga menjelaskan dengan infrastruktur Hyundai yang makin komprehensif, upaya ini juga membantu jenama asal Korea Selatan ini untuk memberi nilai tambah dalam menanggapi tren dan kebutuhan di pasar serta mendorong keberlangsungan industri dengan meningkatkan fokus pada elektrifikasi.

"Pembangunan pabrik battery system ini juga menegaskan komitmen Hyundai untuk memimpin elektrifikasi industri otomotif Indonesia," tegasnya lagi.

Sementara itu, dengan lokasinya yang berdekatan dengan fasilitas Hyundai lainnya, yaitu pabrik perakitan PT Hyundai Motor Manufacturing Indonesia dan pabrik sel baterai, kehadiran pabrik battery system ini akan meningkatkan efisiensi operasional dan rantai pasok.

Dari situ, proses produksi kendaraan listrik dapat berjalan lebih seamless untuk menjawab kebutuhan pasar dengan lebih baik. Dengan begitu, kehadiran tiga fasilitas Hyundai ini diharapkan dapat mendorong Indonesia untuk menjadi hub kendaraan listrik di kawasan Asia Tenggara.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini