Sukses

Pentingnya Menggunakan BBM Sesuai Rekomendasi Pabrikan

Liputan6.com, Jakarta - Pihak pabrikan sudah merekomendasikan penggunaan bahan bakar minyak (BBM) dengan nilai oktan atau Research Octane Number (RON) minimal 92. Angka ini ditentukan bukan tanpa alasan, Auto2000 pun coba menjabarkannya dengan beberapa sebab berikut.

Pertama, penggunaan BBM sesuai dengan teknologi dan karakter mesin untuk menjaga performa. Mesin bensin terbaru Toyota sudah mengandalkan teknologi canggih seperti katup variabel ganda (Dual VVT-i).

Mesin modern seperti ini menuntut kualitas bahan bakar yang sesuai dengan kebutuhan agar dapat bekerja dengan optimal.

Penggunaan BBM sesuai rekomendasi pabrikan juga untuk kesempurnaan proses pembakaran di dalam ruang bakar mesin. Mesin modern saat ini memiliki rasio kompresi tinggi. LCGC seperti Ayla punya rasio kompresi 10:1 dan membutuhkan bensin dengan RON 92.

Lantas apa akibat penggunaan BBM dengan nilai oktan yang lebih rendah dari rekomendasi? Ada beberapa kemungkinan. Pertama, BBM dengan nilai oktan rendah akan memiliki sifat yang mudah terbakar.

Sifat ini jika dipakai pada mesin modern Toyota kemungkinan akan terbakar sendiri sebelum busi memercikkan api sesuai siklus kerja mesin.

Inilah yang kemungkinan timbul istilah knocking. Efek lainnya bisa terjadi antara lain konsumsi BBM yang tidak efisien, mobil kehilangan performa sampai gangguan pada mesin itu sendiri.

Penggunaan dalam jangka panjang, akan membuat mesin lebih cepat kelelahan. Berdampak pada percepatan proses kerusakan komponen kendaraan.

Maka pastikan untuk selalu memanfaatkan bahan bakar sesuai dengan nilai oktan yang direkomendasikan pabrikan. Pemilik kendaraan Toyota dapat mengetahui informasi BBM rekomendasi pada buku petunjuk.

Ini membuat penggunaan BBM sesuai rekomendasi tidak akan memberikan kerugian. Bakal membantu meningkatkan efisiensi mesin yang berujung penghematan bahan bakar.

Tenaga yang sesuai spesifikasi mesin juga membuat pengemudi tidak perlu memaksakan menekan pedal gas membuat konsumsi BBM boros. Mesin jadi berumur lebih panjang dan gabungan semua keuntungan itu, biaya operasional dalam jangka panjang akan lebih ringan.

“Penggunaan bensin sesuai rekomendasi pabrikan sangat penting artinya bagi kendaraan supaya dapat bekerja dengan baik. Mesin yang prima dan efisien membuat tenaganya dapat disalurkan dengan mudah dan menjaga konsumsi bensin tetap irit, dan menghindari masalah pada mesin di kemudian hari. Pastikan selalu servis berkala untuk membantu menjaga kondisi mesin dan manfaatkan keuntungan promo aftersales Auto2000,” kata Nur Imansyah Tara, Aftersales Business Division Head Auto2000, dalam keterangan resmi (4/7/2022).

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Cara Lain Mencegah Mesin Knocking

Selain penggunaan bahan bakar sesuai rekomendasi, cara lain untuk mencegah masalah mesin knocking adalah dengan servis berkala. Setidaknya setiap enam bulan sekali. Ketika servis berkala, setelan ECU mesin akan diatur supaya dapat bekerja seideal mungkin guna menjaga efisiensi mesin.

Komponen pendukung seperti filter-filter mesin, busi, dan onderdil lain akan dibersihkan dan diganti jika sudah tidak layak pakai. Tahapan uji emisi gas buang dijalankan sebagai indikator pendukung apakah kondisi mesin sudah prima.

Khusus pengguna Toyota, Auto2000 memberikan “Promo Booking Servis Tinggal Klik, Hadiahnya Bikin Asik”. Pemilik Toyota juga bisa memanfaatkan layanan THS-Auto2000 Home Service.

Terdapat hadiah menarik jika pemesanan layanan servis dilakukan via Auto2000 Digiroom yakni hadiah 50 tas laptop eksklusif dan 100 tote bag.

Auto2000 juga memberikan “Promo Beli Kebutuhan Toyota Hadiahnya Bikin Greget”. Khusus bagi satu pelanggan dengan nilai transaksi tertinggi untuk pembelian aksesoris, kupon servis, paket servis atau gabungan diantaranya selama periode promo berhak mendapatkan hadiah utama kamera Canon EOS M100. Selain itu 10 pelanggan dengan transaksi tertinggi berikutnya berhak mendapatkan uang elektronik senilai Rp100 ribu.

Bagi pelanggan THS-Auto2000 Home Service, tersedia promo cek up gratis THS. Selama Juli 2022, setiap check-up kendaraan lewat petugas THS tidak akan dipungut biaya dan mendapatkan gratis filter oli untuk setiap ganti oli.

Ada juga tambahan dua liter TMO Synthetic (10W-40) secara gratis untuk setiap servis berkala. Tidak lupa “Promo Auto Sehat Serba Hemat” dengan opsi diskon jasa dan suku cadang untuk penggantian kopling, shock absorber, ban, aki dan oli.

Paket Spontan (Siaga Kupon Perawatan) khusus untuk pemilik mobil Toyota dengan jarak tempuh lebih dari 50.000 kilometer atau tidak memiliki kuota free service berkala. Tentu semua promo di atas memiliki syarat dan ketentuan berlaku.

Sumber: Oto.com