Sukses

Max Verstappen Jadi Pemuncak Klasemen F1 2022 Usai Menangkan GP Spanyol

Liputan6.com, Jakarta - Double podium kembali diraih Oracle Red Bull Racing. Kedua pembalapnya, Max Verstappen dan Sergio Perez sukses mengunci posisi 1 dan 2 di F1 GP Spanyol 2022 yang berlangsung di Sirkuit Catalunya, Minggu (22/5/2022).

Kemenangan pembalap asal Belanda ini sebenarnya tidak berjalan mulus. Pasalnya, ia mengalami cukup banyak kendara terutama saat sesi kualifikasi pada Sabtu (21/5/2022) yang membuat ia kehilangan kesempatan merebut pole position.

Penyebabnya adalah gangguan sistem Drag Reduction System (DRS). Namun ketika balapan, meski start dari posisi dua dan menerapkan strategi pit stop yang tepat serta performa mesin Red Bull RB18 sangat bisa diandalkan, ia mampu merebut kemenangan.

"Saat balapan DRS alami gangguan hal ini membuat balapan kian berat. Kesulitan di awal tapi bagus pada akhirnya," ujar Max yang dalam perlombaan tersebut mengitari 66 lap selama 1 jam 37:20,475 detik.

Berkat kemanangan yang direngkuh, Max kini menjadi pemuncak klasemen sementara F1 2022. Verstappen kini miliki 110 poin, ungguli Charles Leclerc (Ferrari) yang terpaut 6 poin dan Checo dengan selisih 25 poin.

Oracle Red Bull Racing juga ungguli Ferrari di persaingan konstruktor Juara Dunia F1 2022 mencapai 26 poin, kantongi 195 poin.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

2 dari 2 halaman

Berharap Mampu Pertahankan Keunggulan

Sri Adinegara selaku Market Development Director PT ExxonMobil Lubricants Indonesia (EMLI) turut mengapresiasi hasil positif yang diraih kedua pembalap Oracle Red Bull Racing.

"Tim nampak menyiapkan dengan baik mobil RB18 agar Max Verstappen dan Sergio Perez bisa meraih podium ganda lagi. Bahkan menempatkan Max di posisi tertinggi persaingan titel sementara Juara Dunia F1 2022. Sedangkan Checo meraih lap tercepat di lintasan saat balapan," jelas Sri Adinegara.

Dirinya juga berharap, kedua pembalap dapat mempertahankan keunggulannya saat GP Monaco 2022 yang berlangsung akhir pekan ini (29 Mei 2022).

"Di sirkuit jalan raya tersebut semoga kedua pembalap bisa melanjutkan semangat untuk melanjutkan mempertahankan titel Juara Dunia dan juga untuk konstruktor." ujarnya.