Sukses

Pabrikan Tiongkok Kembali Menjiplak Desain Motor Kawasaki

Sepeda Motor Tiongkok Kembali Menjiplak Desain Motor Kawasaki

Liputan6.com, Jakarta - Tiongkok lagi-lagi menjiplak motor pabrikan Jepang. Kali ini, Kawasaki Z1000 menjadi bahan contekan mereka.

Salah satu motor yang diproduksi oleh Dayun, selaku pabrikan motor asal Tiongkok, merilis kloningan Kawasaki Z1000 dengan menggunakan nama Chi 302.

Dari bentuknya, motor ini memiliki tampang yang mirip dengan produk Geng Hijau tersebut. Penggunaan fairing yang menyatu dengan lampu depan, dibuat begitu mirip dengan motor Kawasaki Z1000.

Secara keseluruhan, desain yang sama memang terlihat jelas pada bagian fairing saja. Sedangkan beberapa bagian lainnya, seperti tangki bahan bakar dan bentuk buritan, terlihat kalah sangar dari produk Kawasaki tersebut.

Meski demikian, untuk urusan penggunaan suspensi depan, Chi 302 ini sudah mengadopsi sistem upside down, serta di bekali dengan cakram ganda di bagian depannya.

Jika melihat bagian knalpotnya, sangat berbeda dengan desain Kawasaki Z1000. Bahkan, dari foto yang didapat rideapart, motor ini hanya memiliki dua selongsong intake manifold.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Spesifikasinya Jauh Di Bawah Kawasaki Z1000

Berdasarkan spesifikasi yang disematkan, motor ini kabarnya hanya dibekali dengan mesin dua silinder berkapasitas 285 cc.

Jika dibandingkan dengan Kawasaki Z1000, pabrikan asal Jepang menghadirkan mesin dengan kubikasi 1.000 cc.

Mengenai tenaga yang dihasilkan pun, jauh berbeda. Untuk Dayun Chi 302, tenaga yang bisa diproduksi hanya sebatas 28,8 tk dan torsi maksimum 26,9 Nm.

Sebelumnya, pabrikan otomotif Tiongkok, juga melakukan duplikasi motor Kawasaki ZX-10R.

Jika dibandingkan dengan model aslinya, Finja 500 lebih menyerupai superbike Ninja ZX-10R lewat berbagai tampilannya.

Mulai dari penggunaan warna, sampai striping yang dibuat serupa, akan mengecoh mata yang melihat.

Keberadaan Dayun Chi 302 ini dikabarkan hanya akan diproduksi untuk konsumen domestik Tiongkok saja.

3 dari 3 halaman

Infografis Panduan Isolasi Mandiri Covid-19 untuk Anak

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.