Sukses

Ini Keuntungan Mobil yang Dilengkapi Black Box

Penggunaan black box atau Event Data Recorder pada mobil, ada keuntungan yang didapat oleh pemilik kendaraan.

Liputan6.com, Jakarta - Ada beberapa keuntungan yang akan didapatkan ketika mobil dipasangkan alat black box. Pengambilan data usai terjadi kecelakaan, serta melihat beberapa variabel penyebab kecelakaan, juga menjadi salah satu keuntungannya. Industri otomotif memang seharusnya sudah menerapkan teknologi ini di seluruh dunia.

Terlebih ketika pihak kepolisian ingin mengusut sebuah kecelakaan. Mereka bisa mengetahui sebab musababnya sebuah kecelakaan lewat black box mobil, atau yang sering disebut Event Data Recorder (EDR) menjadi panduan pihak kepolisian.

Dalam penggunaan di kendaraan, ada beberapa keuntungan yang didapat. Salah satunya adalah menginvestigasi sebuah kecelakaan. Melalui EDR ini, kepolisian bisa mengambil data mengenai penyebab kecelakaan tersebut.

Jika mobil masih dalam masa asuransi, maka Anda bisa melakukan proses klaim asuransi dengan berbekal data yang telah diambil dari dalam EDR tersebut. Biasanya, pihak asuransi akan mengetahui kronologis kecelakaan apakah disengaja atau tidak.

Event Data Recorder (EDR) yang saat ini digunakan, sudah banyak merekam variabel. Awalnya, EDR, hanya bisa merekam beberapa variabel saja. Namun, Badan Keselamatan Lalu Lintas Amerika Serikat (NHTSA), mewajibkan semua mobil yang keluar di Amerika Serikat bisa merekam 15 variabel untuk keselamatan berkendara.

Beberapa informasi pentingnya adalah kecepatan kendaraan sebelum kecelakaan, berapa besar bukaan gas pada kendaraan, kecepatan air bag mengembang, pengoperasian rem, melihat apakah sabuk pengaman sudah dikenakan, berapa besar putaran mesin, sudut setir dan beberapa variabel lagi.

Bahkan, untuk memudahkan dalam melakukan investigasi, NHTSA, juga meminta agar EDR tersebut bisa mencakup beberapa faktor seperti GPS, video, serta audio.

 

Simak Video Pilihan Berikut Ini

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Amerika Serikat Mewajibkan Mobil Menggunakan EDR

Di Amerika Serikat sendiri, fitur seperti ini sudah menjadi kewajiban yang harus dipasangkan pada sebuah kendaraan.

Alasannya, penggunaan EDR tersebut dapat mengungkapkan sebuah fakta dan data jika mobil tersebut mengalami kecelakaan.

Selain Amerika Serikat yang sudah menggulirkan regulasi tersebut, beberapa negara yang sudah mewajibkan kendaraan dipasang EDR antara lain adalah Korea, Jepang, Swiss, Uruguay serta Cina.

3 dari 3 halaman

Infografis Deretan Kecelakaan Pesawat di Indonesia dalam 5 Tahun Terakhir

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.