Sukses

Jangan Lupa Bawa 7 Perkakas Ini Saat Touring Motor

Akhir pekan ataupun masa libur panjang menjadi waktu yang dinantikan para bikers untuk melakukan touring. Aktivitas ini bagi para bikers merupakan obat mujarab untuk melepas penat.

Liputan6.com, Jakarta - Akhir pekan ataupun masa libur panjang menjadi waktu yang dinantikan para bikers untuk melakukan touring. Aktivitas ini bagi para bikers merupakan obat mujarab untuk melepas penat. 

Dalam melakukan touring, kesiapan fisik dan kondisi kendaraan yang prima adalah hal utama. Apalagi melakukan touring saat musim hujan seperti sekarang ini, Anda mesti mempersiapkan segala sesuatunya lebih ekstra lagi.  

Selain kesiapan fisik, perlengkapan berkendara dan sepeda motor, menyiapkan tool kit sangat lah penting. Tidak sedikit peturing yang lupa membawa kunci-kunci dan cenderung mengandalkan satu sama lain.

Padahal membawa tool kit standar saat touring sangat membantu jika motor mengalami masalah teknis di jalan. Bisa dibilang tool kit adalah pertolongan pertama ketika motor trouble atau mogok di jalan.

"Selain itu kondisi tubuh dan perlengkapan berkendara, yang harus dipersiapkan yaitu Tool Kit standar untuk melakukan tindakan terhadap sepeda motor jika dalam konsisi darurat," buka Ade Rohman, Sub Departement Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora.

Menurut Ade Rohman, ada 7 perkakas penting yang wajib dibawa jika touring. Ketujuh alat tersebut adalah sebagai berikut:

 

1. Kunci Busi

Siapkan kunci busi untuk keadaaan darurat jika motor mogok. Pasalnya hal pertama kali dilakukan adalah mengecek di bagian pengapian yaitu melalui busi. Untuk membuka busi perlu kunci khusus, baik untuk bebek, matic atau sport. Jika perlu bawa busi cadangan.

2. Obeng

Obeng plus (+) sedang dan Obeng minus (-). Ini berguna untuk membuka baut atau skrup yang ada di bodi motor untuk menyetel stasioner atau idling dan pengecekan baut saluran bahan bakar.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

3. Tang potong dan longnose.

Alat ini untuk membuka atau memasang sambungan rantai, memotong serta mengupas kabel, membuka baut yang slek dan menjepit klem.

"Dalam keadaan emergensi dapat difungsikan juga sebagai pengganti tangan ketika harus memegang kuat mur atau baut yang dikencangkan khususnya saat mesin motor panas, tentu untuk membuka koil akan sulit tanpa menggunakan alat bantu," terang Ade.

4. Kunci Bintang

Jangan lupa membawa satu set kunci L hexagonal atau bintang. "Alat ini diperlukan karena sebagian besar motor ada yang mengharuskan menggunakan kunci L untuk membuka beberapa bagian tertentu," ujar Ade.

5. Pompa Angin

Pompa Angin Portable dengan ukuran mini yang mudah dibawa dan alat ini dapat dipakai ketikan ban kendaraan kurang angin sebelum mendapatkan pompo angin khusus.

 

3 dari 4 halaman

6. Kunci Pas

Siapkan juga kunci pas ukuran 10 x 12 dan 14 x 17. Fungsi dari alat ini adalah untuk mengencangkan dan melepas baut dan mur yang berbentuk segi enam atau kotak saja, menempel pada bagian sepeda motor yang tidak terlalu kuat momen pengencangannya.

7. Kunci Ring

Bawalah kunci ring hexagonal 24 mm. Kegunaan kunci ini salah satunya adalah untuk menjangkau bagian yang sempit pada sepeda motor tipe Sport.

"Daya cengkram kunci ring jauh lebih kuat untuk membuka atau mengencangkan baut atau mur dengan maksimal," tutup Ade.

Sumber: Otosia.com

4 dari 4 halaman

Infografis 5 Tips Liburan Aman Saat Pandemi

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.