Sukses

Rem Kurang Pakem, Begini Cara Mengatasinya

Rem menjadi salah satu komponen di sebuah kendaraan untuk menunjang keselamatan berkendara

Liputan6.com, Jakarta - Rem menjadi salah satu komponen vital pada kendaraan untuk menunjang keselamatan berkendara. Namun, perlu diingat lagi fungsi dari rem, yaitu untuk mengurangi kecepatan hingga berhenti bukan untuk menghentikan laju mobil atau motor.

Seperti layaknya bagian kendaraan yang lain, rem perlu perawatan secara maksimal. Sangat tidak disarankan mengendarai roda empat atau roda du dengan kondisi rem yang tidak baik atau tidak pakem.

Seperti dilansir laman resmi Suzuki Indonesia, ada beberapa penyebab rem mobil kurang pakem, dan bagaimana cara mengatasinya:

1. Minyak Rem

Penyebab utama dari tidak maksimalnya kerja rem yaitu kurang perawatan. Jika menginjak rem, kendaraan masih dalam keadaan berjalan, pemilik wajib melakukan pemeriksaan minyak rem.

Minyak rem yang mampet karena kotoran mesin yang menjalar, membuat rem tidak mendapat minyak yang keluar dari nipple yang tersumbat.

Perlu dilakukan perawatan mesin juga, agar kotoran tidak menyumbat lubang minyak rem.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

2. Booster Rem

Booster rem juga bisa menjadi penyebabnya. Biasanya, pengemudi akan merasa sangat kesulitan untuk menginjak rem.

Pedal rem akan terasa sangat keras jika diinjak, dan akan terjadi kebocoran pada komponen rem itu sendiri. pemilik mobil bisa mengecek booster dan membersihkan bagian tersebut.

3. Kanvas Rem

Rem tidak akan bekerja jika kanvas rem sudah menipis. Solusinya tidak ada yang lain, kecuali mengganti kanvas rem dengan yang baru.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.