Sukses

Yamaha Thailand Akhirnya Punya Model Trail Perdana

Yamaha WR155R akhirnya jejaki rodanya di Thailand. Motor trail yang didatangkan langsung dari Indonesia itu mendebut di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020.

Liputan6.com, Jakarta - Yamaha WR155R akhirnya jejaki rodanya di Thailand. Motor trail yang didatangkan langsung dari Indonesia itu mendebut di Bangkok International Motor Show (BIMS) 2020.

Di sana ia dijual lebih mahal, yakni Rp 105 ribu Baht atau setara Rp 48,9 juta (Kurs 1 Baht = Rp 466,07). Sementara di sini harga motor trail bermesin 155 cc ini dibanderol Rp 36,9 juta.

WR155R menjadi lini trail pertama yang dipasarkan secara resmi oleh Thai Yamaha Motor Co., Ltd. Bicara spesifikasi, pada dasarnya tak ada perbedaan antara WR155R versi Indonesia dengan Thailand. Ia tetap mengedepankan desain yang terinspirasi dari YZ series, motor trail khas Yamaha.

Desainnya ramping, posisi sepatbor tinggi, ban segala medan, hingga posisi duduk tegak. Lekukan garis bodinya terlihat lebih tajam dan menonjolkan kesan sporty hingga ke bagian visor.

Model joknya pun dibuat bergaya YZ series yang rata dan memanjang ke belakang. Bentuk ini diklaim menawarkan kemudahan pengendara dalam menentukan posisi duduk sehingga mendukung kelincahan saat bermanuver. Untuk memberikan daya jelajah yang mumpuni, ia diberikan dengan kapasitas tangki yang besar yakni 8,1 liter.

Rancang bangunnya serupa 2.145 x 840 x 1.200 mm (PxLxT). Jarak sumbu roda mencapai 1.430 mm, sementara tinggi tempat duduk 888 mm. Dibangun di atas rangka model semi-double cradle.

Kontruksi itu diyakini lebih kaku, lebih kuat, dan lebih ringan dibandingkan dengan rangka single frame karena pemakaian pipa berdiameter lebih kecil. Dengan begitu bisa memberikan pengendalian yang nyaman dan stabil.

Sektor depannya dihuni suspensi teleskopik berdiameter 41 mm dengan panjang 899,1 mm. Diklaim memiliki kenyamanan saat digunakan off-road. Sementara pada bagian belakang mengadopsi link type monocross dengan tekanan yang dilengkapi oli dan dapat diatur tingkat kekerasannya.

Ground Clereancenya cukup tinggi yaitu 245 mm. Apalagi ditunjang dengan ban model dual purpose yang membungkus pelek jari-jari berukuran 2.75-21 di depan dan 4.10-18 di belakang.

Baik depan maupun belakang sudah menggunakan rem cakram bergelombang yang masing-masing berukuran 240 mm dan 220 mm. Seperti kita tahu, jenis wavy disc dengan banyak lubang dapat melepas panas lebih cepat. Jadi para rider tidak perlu khawatir saat sering melakukan pengereman.

 

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Mesin

Mesinnya berkapasitas 155,09 cc 1-silinder SOHC liquid-cooled dan dilengkapi dengan teknologi VVA. Dengan penggunaan katup variabel (VVA), performa terasa lebih merata di semua putaran mesin.

Konfigurasi jantung mekanisnya mampu menghasilkan tenaga sebesar 16,7 hp dengan torsi maksimum 14,3 Nm.

Kompresinya mencapai 11,6:1 dan disokong sistem pengabutan injeksi, serta dayanya itu disalurkan melalui transmisi manual 6-percepatan. Uniknya, ia mengadopsi knalpot tinggi di sebelah kiri.

Menyoal fitur, jangan berharap ada power outlet, keyless start, ABS, apalagi traction control. Namun, hal ini masih wajar mengingat trail lebih mengutamakan fungsi ketimbang "gimmick".

Paling utama yang ada di WR155R yaitu panel instrumen digital beserta MID yang bersifat informatif. Diferensiasi dengan kompetitornya terletak pada indikator bar-graph dan tachometer. Selain itu dipasangkan juga lampu hazard, dan radiator.

 

3 dari 3 halaman

Model Lain

Selain merilis WR155R, Yamaha Thailand juga meluncurkan Grand Filano Hybird, MT-10, MT-07, dan MT-15 di BIMS tahun ini. Semua itu sesuai dengan konsep mereka di Bangkok International Motor Show (BIMS) ke-41 yakni Yamaha Life.

Terdapat unsur Future Technology x Human Subsistence yang menggabungkan teknologi mutakhir Yamaha dengan inovasi alami agar sejalan dengan gaya hidup baru dan setiap gaya hidup masyarakat.

Tatsuya Nozaki, Chief Executive Officer Thai Yamaha Motor Co., Ltd mengatakan, motor show tahun ini adalah waktu yang sangat istimewa.

"Ini sekalagus peringatan 65 tahun berdirinya perusahaan Yamaha. Konsep dan gagasan ini diciptakan dengan mengedepankan teknologi baru. Kami konsisten dan menanggapi kebutuhan setiap pelanggan agar memiliki kualitas hidup yang lebih baik," katanya dikutip dari siaran resmi Yamaha di Bangkok International Motor Show 2020, pada Kamis (16/7).

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.