Sukses

Pria Lebih Suka Beli Mobil Secara Online, Benarkah?

Liputan6.com, Jakarta - Selama masa pandemi Virus Corona atau Covid-19 dealer mobil tutup. Para agen pemegang merek memilih alternatif penjualan mobil secara online. Bahkan, beberapa jenama roda empat mengaku cukup sukses dalam transaksi daring dalam beberapa bulan ke belakang.

Berbicara soal penjualan secara online, ternyata konsumen laki-laki lebih suka membeli mobil dengan cara tersebut dibanding konsumen perempuan. Hal ini, diketahui melalui riset yang dilakukan eBay Advertising yang dirilis beberapa waktu lalu.

Riset yang dilansir thecarconnection.com ini menyebutkan, pria jauh lebih nyaman membeli mobil secara online ketimbang perempuan. Ditemukan, para pria ini merasa lebih nyaman dengan beragam fitur yang diberikan, termasuk kemudahan komparasi.

"Data konsumen yang membeli mobil di eBay Motors menemukan pria melakukan pembelian dua kali lebih banyak melalui situs ini ketimbang perempuan," tulis mereka.

Data ini diperoleh dari 1.000 responden, yang terdiri dari mereka yang melakukan transaksi, atau hanya "berselancar" saja.

2 dari 4 halaman

Alasan Beli Mobil Online

Perempuan dan laki-laki juga punya alasan yang berbeda ketika membeli mobil secara offline. Pria cenderung membeli offline untuk memeriksa kondisi mobil terlebih dulu. Sementara perempuan membeli offline untuk bisa test drive terlebih dulu.

Selain soal perempuan dan laki-laki, ditemukan pula kalau sebagian besar konsumen, apapun jenis kelaminnya, menggunakan internet untuk meneliti mobil sebelum memutuskan beli. Sebanyak 87 persen dari mereka melakukan perbandingan harga.

3 dari 4 halaman

Keuntungan Lain Beli Mobil Bekas di Showroom

Meski saat ini penjualan mobil bekas sudah merambah ke sistem online, nyatanya peminat yang datang langsung ke showroom masih cukup tinggi. Apalagi saat ini showroom mobil juga menawarkan sistem kredit.

"Kami di sini bekerja sama dengan beberapa leasing, karena konsumen yang membeli dengan sistem kredit ada sekitar 50 persen," kata pemilik showroom Langgeng Indah Makmur Daniel Libianto.

Selain itu, Daniel menegaskan terdapat beberapa keunggulan lain yang diberikan showroom mobil bekas, salah satunya keaslian surat-surat kendaraan yang dijual.

"Keunggulan bagi konsumen yang membeli kendaraan di showroom, pertama soal surat-surat sudah pasti benar. Bukan berarti pedagang perorangan enggak benar, cuma kalau kami pasti mengecek dengan teliti semua surat dan kelengkapan," ujarnya.

Tak hanya itu, konsumen yang membeli kendaraan dengan jasa showroom juga akan mendapatkan kendaraan yang telah dirapikan dan diservis sehingga pembeli tak perlu mengeluarkan uang lebih untuk hal tersebut.

4 dari 4 halaman

Simak Video Pilihan Berikut Ini: