Sukses

Biar Enggak Salah Beli, Begini Cara Membaca Kode Aki Mobil

Liputan6.com, Jakarta - Aki atau baterai menjadi salah satu komponen penting yang berfungsi untuk menyuplai listrik di kendaraan. Seperti halnya bagian lain dari mobil, aki ini juga memiliki masa pakai, yang bisa habis seiring berjalannya waktu dan harus diganti agar performa roda empat kesayangan tetap terjaga.

Namun, ketika si empunya kendaraan berniat mengganti aki, harus dipahami terlebih dahulu kode aki yang sesuai dengan kebutuhan daya mobil. Caranya, bisa dilihat dari kode yang terletak di bagian bodi atau buku petunjuk manual kendaraan untuk memastikan tidak ada kesalahan saat hendak mengganti aki.

Berikut, beberapa kode aki yang bisa dilihat, dilansir dari laman resmi Toyota Astra:

Standar Kode Aki Mobil

Pada dasarnya, kode aki dituliskan mengikuti dua standar, yaitu Japan Industrial Standard (JIS) dan Deutsches Institut für Normung (DIN). Tapi, yang lebih banyak beredar di pasaran, adalah aki berstandar JIS karena sesuai dengan permintaan pasar yang lebih banyak kendaraan Jepang.

Perbedaan standar bisa dilihat pada letak kepala aki (kutub), tenggelam untuk aki tipe DIN dan muncul untuk aki tipe JIS (lebih tinggi).

2 dari 3 halaman

Kode Aki Mobil

Aki Japan Industrial Standard (JIS), contohnya saja Aki NS40ZLS. Pada aki ini N artinya Normal, S yang bermakna pengurangan daya aki sebesar 20 persen, 40 menunjukan daya utama aki, Z merupakan kode untuk penambahan daya aki sebesar 10 persen setelah dikurangi 20 persen (huruf S pertama).

Selanjutnya, untuk alphabet L artinya left, yaitu pole (kepala aki / kutub negatif) [-]) berada di sebelah kiri. Tanpa kode ini, pole pasti berada di sebelah kanan, dan S yang terakhir artinya aki memiliki kutub ukuran besar.

Jadi, aki NS40ZLS mempunyai daya: 40Ah - 20 persen + 10 persen = 32 Ah dengan pole sebelah kiri dan kepala aki besar.

Contoh lainnya adalah Aki N 40, yang menunjukkan bahwa daya utama 40Ah, Kepala aki besar, walaupun tidak memiliki kode S di belakangnya karena huruf awalnya bukan NS.

Kemudian ada pula Aki NS 40: kapasitas 32 Ah, Aki NS 40 Z: kapasitas 35 Ah, Aki NS 40 ZS: kapasitas 35 Ah dengan kepala aki besar.

Kode Aki Baru Lebih Sederhana

Sekarang ini, kode yang telah disebutkan sebelumnya sudah menjadi lebih sederhana. Contohnya NS 40, menjadi 32B20R, 32 artinya kapasitas aktual aki 32 Ah, lalu B merupakan kode baterai, 20 adalah panjang aki 20cm dan R kode dari posisi pole di sebelah kanan.

3 dari 3 halaman

DIN

Sedangkan untuk Aki Deutsches Institut für Normung (DIN) banyak digunakan untuk mobil buatan Eropa. Aki ini menggunakan kode lima digit angka, tapi yang perlu diperhatikan hanya tiga digit angka di depan.

Cara membacanya, angka I 5 menjadi 0, lalu angka I 6 menjadi 1, dan angka I 7 menjadi 2.

Contohnya adalah aki 54533, maka angka I 5: menjadi angka 0, angka II & III 45 = tetap angka 45 dan kapasitas (daya) aki adalah 045 Ah = 45 Ah.