Sukses

Virus Covid-19 Meluas, Peluncuran Toyota Prius PHEV Tanpa Seremonial

PT Toyota Astra Motor (TAM) terus memperluas jajaran kendaraan ramah lingkungannya, dengan meluncurkan Prius plug-in hybrid electric vehicle (PHEV)

Liputan6.com, Jakarta - PT Toyota Astra Motor (TAM) terus memperluas jajaran kendaraan ramah lingkungannya. Terbsru, mereka meluncurkan Prius plug-in hybrid electric vehicle (PHEV). Namun, di tengah isu merebaknya virus Covid-19 di Tanah Air, raksasa asal Jepang tersebut memilih menghadirkan mobil emisi rendah ini tanpa seremonial.

Dijelaskan Vice President Director PT TTM, Henry Tanoto, pihaknya akan terus memperluas pasar kendaraan elektrifikasinya baik melalui kehadiran produk baru, maupun melalui program untuk semakin memopulerkan pasar mobil elektrifikasi di Indonesia.

"Selain memberi pilihan terbaik kepada konsumen, langkah ini adalah bagian dari komitmen Toyota dalam mendukung program pemerintah Indonesia,” ujar Henry dalam siaran pers yang diterima Liputan6.com, Senin (17/3).

Sebagai pionir dalam pengembangan mobil elektrifikasi pada 2009, Toyota sudah mulai membangun pasar ini di Indonesia. Sebagai tahap awal, Toyota melakukan edukasi pasar dengan menghadirkan Prius HEV dan mensosialisasikan mobil ramah lingkungan ini ke masyarakat dan bekerja sama dengan pemerintah.

Kemudian pada 2012, Toyota mulai memasarkan Camry HEV di Indonesia, dan disusul model lain seperti Alphard HEV, C-HR HEV, dan terakhir Corolla Altis HEV. "Dengan kehadiran Prius PHEV ini, kami berharap dinamika pasar kendaraan elektrifikasi semakin tinggi sehingga tujuan untuk akselerasi kendaraan elektrifikasi bisa tercapai," tambah Henry.

Berbicara spesifikasi, Toyota Prius PHEV memiliki kelebihan dengan kemampuan baterai yang lebih besar dan model pengisian baterai melalui sumber eksternal. Fleksibilitas mobil ini juga telah teruji karena mempunyai driving range yang panjang.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Spesifikasi

Prius PHEV ditopang mesin 2ZR-FXE kapasitas 1.800 cc, dengan power dan torsi maksimum masing-masing 98 PS dan 142 NM. Mesin konvensional tersebut, dikawinkan dengan motor listrik 1 NM/ISM dengan power dan torsi maksimum masing-masing 53 Kw (98 PS) dan 142 Nm yang dalam mode BEV mempunyai cruising range sejauh 68,2 km.

Dengan cruising range tersebut membuat Prius PHEV mempunyai fleksibilitas yang lebih baik sehingga penggunaannya menjadi lebih optimal.

Prius PHEV menggunakan baterai jenis Lithium-Ion Battery yang mempunyai voltage 3.7 v per cell. Baterai ini mempunyai 95 cell sehingga secara keseluruhan mampu menghasilkan listrik 315.5 voltage. Battery capacity tercatat 8.8 kW. Untuk pengisian penuh dibutuhkan waktu 2 jam 20 menit jika menggunakan listrik dengan tegangan 220 Volt 16A.

Tampil dalam desain aggressive dan emotional, Prius PHEV dibangun menggunakan platform TNGA. Tidak hanya membuat desain eksteriornya semakin menarik, penggunaan platform TNGA membuat rancang bangun mobil ini juga lebih aman dan stabil.

Interior PHEV lega dan dilengkapi audio display entertainment dengan layar 8-inch. Untuk sisi keselamatan, mobil ini didukung berbagai fitur keselamatan dengan standar tertinggi di Toyota yaitu Toyota Safety Sense (TSS), Blind Spot Monitor (BSM), Hill-Start Assist Control (HSA), Rear Cross Traffic Alert (RCTA), Tire Pressure Warning System, dan Vehicle Stability Control (VSC).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini