Sukses

Lamborghini Urus ST-X, Super SUV yang Siap Terjun di Arena Balap

Liputan6.com, Jakarta - Dalam keadaan standar, Lamborghini Urus termasuk dalam SUV yang memiliki performa tinggi. Namun, Divisi balap Lamborghini, Squadra Corse, ingin membawanya ke level lebih tinggi, dengan merakit Super-SUV bernama Urus ST-X.

Ia ditampilkan perdana di Spanyol, di palagan Super Trofeo World Finals. Rencananya jip super ini berlomba di Final Super Trofeo 2020.

Urus ST-X bukan sekadar SUV Lamborghini dengan tempelan livery. Ada peran Squadra Corse, yang membuatnya kian lihai berdansa. Selain bertenaga, mobil balap perlu ketangkasan lebih untuk melibas tikungan. Maka dari itu, bobot 2,2 ton bawaan Urus harus dikurangi. Program diet ketat diarahkan pada Super SUV ini. Hasilnya, lemak seberat 550 kg berhasil diluruhkan, menurunkan berat kotor menjadi 1.650 kg.

Pengurangan bobot Lamborghini ini diraih berkat pemanfaatan struktur ringan serat karbon. Termasuk pembentukan material carbon fiber sebagai bonnet dan spoiler. Ubahan lain dilakukan dengan menambah kanal udara di kap mesin. Napas diperlancar melalui racing exhaust, yang sekaligus menghasilkan suara gahar.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

 

2 dari 3 halaman

Potensi Mesin Urus

Dapur pacu Urus sudah sangat berpotensi. Tak ada sentuhan spesial di sektor mesin, masih berasal dari unit V8 berkubikasi 4 liter. Bantuan dorongan twin-turbo hasilkan keluaran daya 650 Tk dan torsi 850 Nm, sesuai versi jalan raya.

Nampaknya memang tidak perlu mengulik sektor mesin. Bayangkan saja, versi standar hanya perlu waktu 3,6 detik untuk berakselerasi ke 100 kpj, hingga akhirnya mentok di 305 kpj. Pengurangan beban dipastikan membuat akselerasi ST-X lebih cekatan, walau belum diberikan data performa lengkap.

 

3 dari 3 halaman

Verde Mantis

Skema warna hijau ‘Verde Mantis’ dilaburkan Squadra Corse pada Urus versi kompetisi. Warna ini juga terkomposisi di mobil balap Huracan mereka. Aksen merah kontras melengkapi kelir hijau cerah khas divisi balap ini. Ketika berlaga, sang SUV Super bakal mengenakan sepatu centerlock aluminium 21 inci. Ban Pirelli membungkus pelek satu baut demi traksi maksimum.

Lamborghini belum memberikan gambaran interior. Bayangan kami pasti bebas dari aura mewah. Dikatakan, SUV siap tempur ini, memiliki struktur kokpit yang diperkuat roll bar tubular. Jok balap sudah pasti dipakai agar pengemudi tidak terlempar gaya lateral. Selain itu, alat pemadam kebakaran terpasang sebagai peranti keselamatan esensial.

Jip balap Lamborghini dijadwalkan beraksi pada Final Super Trofeo 2020 di Sirkuit Misano. Para penyandang jawara empat kelas berkesempatan mengadu kecepatan. Lawannya adalah bintang motorsport roda dua dan empat di trek spesial. 

Sumber: Oto.com

Loading
Artikel Selanjutnya
Ungkapan Perasaan Nagita Slavina setelah Insiden Mobil Raffi Ahmad Terbakar
Artikel Selanjutnya
Raffi Ahmad Ungkap Kronologi Lamborghini Miliknya Terbakar