Sukses

3 Langkah Merawat Eksterior Mobil agar Kinclong

Liputan6.com, Jakarta - Mobil merupakan kendaraan yang membutuhkan perawatan rutin agar tetap bisa berada dalam kondisi yang prima. Pengendara harus memperhatikan beberapa aspek seperti mesin dan komponen penggerak yang berpengaruh pada performa dan interior yang terkait dengan kenyamanan.

Selain kedua aspek tersebut, eksterior juga memainkan peran yang penting terutama dalam hal estetika. Bodi yang mulus dapat memberikan kesan mobil selalu berada dalam kondisi baru.

Dilansir Auto2000, terdapat beberapa tips yang dapat dilakukan oleh pemilik mobil agar tampilan si roda empat tetap terlihat baik.

1.Mencuci Mobil di Waktu yang Tepat

Mencuci mobil di waktu yang salah ternyata dapat merusak cat mobil. Waktu yang harus dihindari adalah ketika tengah hari saat mobil sedang terkena terik matahari. Ada baiknya untuk mencuci mobil di pagi hari dengan kondisi mesin yang dingin.

* Dapatkan pulsa gratis senilai jutaan rupiah dengan download aplikasi terbaru Liputan6.com mulai 11-31 Oktober 2019 di tautan ini untuk Android dan di sini untuk iOS

2 dari 3 halaman

2.Gunakan Sampo yang Menghasilkan Busa Lembut

Produk sampo mobil yang memiliki busa lembut akan lebih aman ketika bersentuhan dengan bodi mobil. Jangan lupa untuk melakukan pengeringan setelah selesai mencuci mobil agar tidak muncul bercar di permukaan cat dan kaca.

 

3 dari 3 halaman

3. Perhatikan Cara Mengelap dan Bahan Lap

Lap merupakan benda yang bersentuhan langsung dengan bodi mobil. Karena itu, lap yang digunakan tentunya harus aman dan sesuai. Gunakan bahan yang terbuat dari kanebo atau kulit sehingga air lebih cepat terserap dan dapat menghindari mobil terkena goresan.

Hindari menggunakan bahan katun karena berpotensi mentimpan partikel-partikel kecil yang dapat menggores cat mobil. Jangan lupa untuk mengelap mobil dengan berhati-hati agar mengurangi gesekan yang berpotensi menimbulkan gores.

Penulis: Khema Aryaputra