Sukses

Tertarik Tingkatkan Skill Berkendara Motor, Tempat Ini Bisa Dicoba

Liputan6.com, Jakarta - Dalam mengendarai sepeda motor, sekadar bisa saja tidak lah cukup. Anda harus mengetahui teknik berkendara yang baik dan benar.

Untuk meningkatkan skill berkendara, Anda bisa berlatih di Safety Riding Training Center Wahana yang berada di Jatake, Tangerang, Banten.

Head of Safety Riding Promotion PT Wahana Makmur Sejati menyebut, Safety Riding Training Center Wahana terbuka untuk umum.

"Safety Riding Center ini memang dibuat untuk umum. Ini terkait dengan aktivitas plan yang dikirim AHM (Astra Honda Motor) untuk main dealer Honda di seluruh Indonesia. Jadi penggunaannya memang untuk umum," jelasnya kepada Liputan6.com baru-baru ini.

Agus menyatakan, fasilitas ini rutin digunakan oleh masyarakat umum mulai dari akedimisi, perusahaan hingga komunitas sepeda motor. Dan peserta yang bisa mengikuti pelatihan ini dibatasi maksimal 30 orang.

"Aktivitas di sini cukup rutin, misalnya Selasa dan Kamis ada pelatihan untuk SMK. Terus untuk hari-hari biasa, biasanya diisi sama perusahaan. Kalau komunitas sama klub itu biasanya hari Sabtu sama Minggu," ujarnya.

Selain menyediakan area dan instruktur safety riding, Wahana juga menyiapkan motor untuk tes praktik. Unit yang disediakan cukup lengkap mulai dari tipe bebek, matik hingga sport.

"Unitnya ada CB150, ada motor matiknya juga kayak Vario sama BeAT, terus ada Sonic, Supra X sama Supra GT-R," kata Agus.

 

2 dari 2 halaman

Praktik yang Diajarkan

Tidak cuma tes praktik, peserta juga akan mendapatkan pendalaman materi melalui teori baik pre-test maupun post-test. Sementara tes praktik yang diajarkan cukup beragam.

"Biasanya kalo praktik yang diajarkan ke peserta ada sesi breaking atau pengereman, lalu narrow plank atau papan keseimbangan terus ada slalom course gabungan dari beberapa sesi yang tadi,"

"Kalau misalnya mereka sudah pernah lalu training lagi berartikan levelnya naik. Nah, nanti akan kita ajarkan low speed balance. Low speed balance itu di atas dari narrow plank," jelas pria berkacamata tersebut.

Tidak cuma komunitas motor dengan kapasitas kecil, komunitas moge juga bisa meningkatkan kemampuan berkendaranya di sini. Hanya saja, motor yang digunakan harus motor sendiri.

"Biasanya kalau komunitas big bike mereka bawa sendiri motornya karena kalo komunitas big bike pakai CB150 agak kurang,"

Lebih lanjut Agus menyampaikan, untuk mengikuti pelatihan tidak ada persyaratan spesifik. Cukup mengisi formulir di situs resmi yang disediakan atau menghubungi dirinya sebagai penanggung jawab fasilitas.

"Persyaratan khusus enggak ada sih sebenernya. Kalau misalnya ingin komunitasnya atau perusahaannya ingin mengikuti training safety riding itu bisa hubungi ke email agus.sani@wahanarta.com atau bisa searching di Google cari aja safety riding wahana Honda, safety riding center. Di situ bisa daftar melalui google form yang disiapkan di website-nya," pungkas Agus.

Loading
Artikel Selanjutnya
Pengguna Moge Honda Dapat Pelatihan Safety Riding
Artikel Selanjutnya
Tak Ada Jembatan, Pengendara Motor Ini Menyebrangi Sungai ala Flying Fox