Sukses

Meski Salah, Cara Bersihkan Busi Motor Ini Sering Dilakukan

Liputan6.com, Jakarta - Ketika motor mengalami masalah, pemilik biasanya akan langsung membersihkan busi karena memiliki fungsi penting pada mesin kendaraan. Meski demikian, masih banyak pengendara yang salah dalam membersihkan busi.

Tidak sedikit bikers yang membersihkan busi menggunakan sikat kawat dan amplas dan hal tersebut ternyata merupakan cara membersihkan yang salah.

Seperti dilansir Federal Oil, Rabu (21/8/2019), busi yang sudah lama dipakai memang perlu dibersihkan, tapi tidak menggunakan amplas dan sikat kawat.

Membersihkan busi biasanya memiliki tujuan membuang karbon sisa pembakaran yang menumpuk dan menyebabkan busi kotor.

Untuk membersihkan [busi ](amplas "")yang benar, pemilik sebaiknya menggunakan angin atau kompresor serta sikat halus.Saat membersihkan busi, usahakan busi tidak basah atau terkena air, karena bisa membuat korosi pada busi.

2 dari 3 halaman

Risiko Membersihkan Busi dengan Amplas dan Sikat Kawat ?

Membersihkan busi dengan menggunakan amplas dan sikat kawat ternyata dapat mengubah permukaan busi, sehingga nyala api tidak sesuai dengan standar yang sudah ditentukan.

Meski demikian, agar pembakaran yang dihasilkan dari busi maksimal, pemilik memang direkomendasikan untuk membersihkan busi dengan teratur dan cara yang benar.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

Loading
Artikel Selanjutnya
Dampak Buruk Mengisi Oli Mesin Terlalu Banyak
Artikel Selanjutnya
Cek Komponen Ini Jika Terjadi Korsleting Gara-Gara Soket USB Terkena Air