Sukses

Ada Tiga Karakter Pembeli Mobil, Anda yang Mana?

Liputan6.com, Jakarta - Setiap tahunnya, sekitar 1 juta mobil terjual di Indonesia. Hal tersebut membuat beragam pabrikan otomotif dunia mencoba mencari peruntungan dengan menawarkan mobil andalannya.

Dari sekian banyak pembeli, Honda mengaku terdapat tiga karakter konsumen mobil di Tanah Air, yakni trend seeker, smart buyer, dan everyday user.

"Kalau trend seeker itu pembeli model terbaru yang melihat trend yang sedang berkembang, sedangkan smart buyer merupakan pembeli kritis yang tidak hanya mementingkan fitur tetapi juga running cost, kenyamanan dan resale value," kata Jonfis Fandy sebagai Marketing & After Sales Service Director PT Honda Prospect Motor (HPM).

Jonfis juga menjelaskan bila karakter konsumen everyday user, merupakan pembeli yang menggunakan mobil mereka untuk kegiatan sehari-hari.

Saat disinggung karakter mana yang sesuai dengan pembeli Honda, Jonfis mengaku dari ketiga kategori yanga ada, trend seeker dan smart buyer merupakan konsumen terbesar perusahaan otomotif Jepang tersebut di Indonesia.

"Di 1 dan 2, mereka itu membeli dengan liat internet, referensi, bandingin ini dan itu, komparasi juga kan sekarang sudah mudah. Nah orang seperti yang ada di zona Honda sekarang," ujarnya.

 

2 dari 3 halaman

Daftar Mobil Terlaris Honda di Awal 2019

Honda Brio Satya dan Honda Brio RS masih menjadi model dengan penjualan tertinggi untuk Honda di Indonesia di awal tahun ini.

Tercatat Honda Brio Satya mampu terjual 4.798 unit dan menguasai 28 persen pangsa pasar di segmen LCGC.

Sementara itu, Honda Brio RS terjual sebanyak 1.699 unit di bulan Januari lalu dan memimpin pasar City Car dengan pangsa pasar hingga 87 persen.

Secara total, kedua model tersebut memberikan kontribusi hingga 65 persen dari keseluruhan penjualan mobil Honda selama Januari 2019.

Mampu mencapai angka penjualan 10.064 unit, selain kedua mobil tersebut, kontribusi untuk penjualan Honda juga datang dari produk lainnya, yakni Honda Jazz dengan penjualan 1.423 unit, Honda HR-V 1.5L sebanyak 1.171 unit dan Honda HR-V 1.8L sebanyak 357 unit.

Posisi selanjutnya ditempati Honda CR-V dengan angka 376 unit, Honda BR-V sebanyak 166 unit, Honda Civic Hatchback sebanyak 27 unit dan Honda City sebanyak 15 unit.  

Sementara itu, Honda Mobilio hanya terjual sebanyak 32 unit di bulan Januari seiring dengan berakhirnya produksi model sebelumnya.

3 dari 3 halaman

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini: