Sukses

Mobil Masa Depan Hyundai Berkaki Robot

Liputan6.com, Jakarta - Seiring dengan terus berkembangnya teknologi, bentuk mobil pun terus berevolusi. Malah suatu saat, mobil terbang mungkin sekali terwujud. Teknologi swakemudi pun sudah di depan mata dan semakin siap terjun ke dunia nyata.

Semua tercipta atas dasar mempermudah kegiatan manusia. Nah, ada inovasi menarik ditampilkan Hyundai saat pameran Consumer Electronic Show (CES) 2019 di Las Vegas, Amerika Serikat. Hyundai memamerkan mobil yang dikombinasikan dengan robot.

Terdengar seperti khayalan menjadi kenyataan. Yang terbayang, sosok seperti perubahan wujud mobil menjadi robot seperti di film Transformers. Pendekatannya mirip seperti itu, tapi lebih masuk dalam batas logis.

Diberi nama Elevate, merupakan Ultimate Mobility Vehicle (UMV), yang dijelaskan sebagai mobil konsep masa depan dengan roda terpasang kaki robotik. Bukan berarti mobil ini bisa berubah bentuk menjadi robot dan berjalan, melainkan muncul kaki dari balik roda. Ya, Hyundai mengembangkan mobil pertama yang memiliki kaki berjalan.

Dasarnya dirancang menjadi mobil penyelamat saat terjadi bencana. Separuh mobil dan separuh robot, memungkinkan menggapai permukaan sulit yang mustahil bisa dilewati mobil biasa.

Cocok beroperasi untuk kendaraan SAR (Search and Rescue) dalam misi kemanusiaan. Misal, mencari korban di puing-puing bangunan yang runtuh. Dapat dilakukan dengan cara berjalan dan bahkan bisa juga mendaki. Sehingga tidak dibatasi oleh medan maupun kondisi jalan.

“Saat gempa bumi dan tsunami melanda, kendaraan penolong hanya dapat mengantar sampai batas area bencana. Mereka harus melanjutkan perjalanan dengan berjalan kaki. Elevate mampu dikendarai sampai lokasi dan mendaki atau melewati halangan,” kata John Suh, Hyundai vice president and head of Hyundai CRADLE, dalam keterangan resmi.

 

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Tidak hanya menolong korban bencana, Hyundai Elevate juga dirancang untuk membantu penyandang disabilitas. Seperti pengguna kursi roda yang tidak memiliki akses untuk masuk atau keluar rumah. Elevate dengan mudah menaiki anak tangga sampai persis ke depan pintu.

Hyundai Elevate berbasiskan platform modular mobil listrik (EV), dengan kemampuan berganti bodi dalam situasi tertentu. Konstruksi kaki robot punya sudut bebas ke segala penjuru, ditambah hub dan aktuator elektrik.

Pergerakannya unik, karena menyerupai cara jalan mamalia dan reptil. Fleksibilitas sudut engsel, memungkinkan pergerakan ke berbagai arah dengan mudah.

Uniknya, bodi tetap terjaga sejajar dengan tanah tanpa mengalami perubahan kemiringan. Saat tidak diperlukan, kaki terlipat rapi dan mengubah Elevate layaknya mobil biasa. Di situlah letak kehebatan konsep ini. Malah jauh mengalahkan mobil off-road sekalipun yang jangkauannya masih terbatas.

Perlu waktu 3 tahun bagi Hyundai merancang konsep menarik ini. Dalam pengerjaannya, pabrikan Korea Selatan bekerjasama dengan Sundberg-Ferar. Semoga saja bisa diproduksi, agar kelak dapat menyelamatkan banyak nyawa dalam situasi darurat.

Sumber: Oto.com

Belasan Mobil Tabrakan Beruntun Akibat Kabut

Tutup Video
Artikel Selanjutnya
Canggih, Mobil Listrik Hyundai Bisa Cari Tempat Pengisian Baterai Sendiri
Artikel Selanjutnya
Canggih, Mobil Hyundai Bisa Cari Parkir Sendiri