Sukses

Porsche Macan S Semakin Buas, Intip Perubahannya

Porsche memperbarui Macan S dengan segudang pengembangan di berbagai sektor. Sport utility vehicle (SUV) Jerman itu, kini lebih bertenaga.

Liputan6.com, Jakarta - Porsche Macan S mendapatkan penyempurnaan di berbagai sektor. SUV asal Jerman tersebut menjadi lebih bertenaga. Berdasar keterangan resmi yang diterima OTO, Macan S mengusung jantung mekanis baru berbahan bakar bensin V6 turbocharger 3.0 liter.

Mesin ini menghasilkan tenaga puncak 349 Tk dan torsi maksimum 480 Nm. Naik 13,8 Tk dan 20 Nm dibanding model sebelumnya. Untuk mendapatkan peningkatan itu, Porsche menyempurnakan mesin dengan memperpendek jalur gas buang antara ruang bakar dan turbocharger. Walau begitu, konsumsi bahan bakarnya diklaim tetap efisien dan emisi gas buangnya pun berkurang, berkat setelan baru dalam blok silinder.

Handling Macan S turut ditingkatkan, dari penyetelan suspensi untuk mengejar keseimbangan terbaik. Cara pertama lewat penyematan roda dengan ukuran berbeda antara depan dan belakang. Juga adanya dukungan Porsche Traction Management (PTM) ke seluruh roda. Selain itu, kaki-kakinya dirombak. Pada as roda, spring fork-nya kini terbuat dari aluminium, menggantikan baja di model terdahulu. Sway bar dan pelek baru yang digunakan, memastikan handling tepat dan terjaga kestabilannya.

Sektor pengereman ikutan direvisi. Pedal rem dikurangi bobotnya dan tuas arm yang menghubungkan dengan master silinder diperpendek. Tujuannya, agar respon pengereman semakin cepat. Selain itu, cakram depannya diperlebar 10 mm menjadi 360 mm, dan ketebalannya 36 mm atau naik 2 mm. Penambahan dimensi cakram seharusnya dapat memperpendek jarak pengereman. Bila pengemudi ingin merasakan kemampuan pengereman yang lebih optimal, Porsche menawarkan opsi cakram keramik atau disebut Porsche Ceramic Composite Brake (PCCB).

Tampilan luar  tak luput dari kreativitas tim desain Porsche. Bodinya dibuat lebih ramping guna menunjang performa dan pengendalian. Desain di beberapa bagiannya ikut diubah. Teknologi LED sudah menjadi standar untuk penerangan utama Macan S.Pilihan opsional Porsche Dynamic Light System Plus (PDLS Plus) dapat dibenamkan ke Macan S untuk mengatur distribusi cahaya secara adaptif. Desain lampu belakang LED didesain ulang, kini antara kanan dan kiri terhubung dengan konsep 3 dimensi. Ciri terbaru Porsche yang juga diaplikasi di model lain. 

 

 

Saksikan Video Pilihan di Bawah Ini:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Selanjutnya

Sistem hiburan dan konektivitas mengusung Porsche Communication Management (PCM) baru. Di dalamnya terdapat layar sentuh high definition terbaru berukuran 10,9 inci. Lewat perangkat ini, pengemudi dapat mengakses sistem navigasi online yang juga menampilkan kondisi lalu lintas secara real-time.

Konsumen yang tertarik mendandani interior Porsche Macan S, sekarang mendapat pilihan kemudi GT Sport yang biasa ditemukan pada model 911. Lingkar kemudi ini punya kelebihan, fitur pengganti mode berkendara sudah dibenamkan, sehingga pengemudi tak repot lagi. Kemudian ada Traffic Jam Assist, kaca depan berpemanas dan ionizer. Seluruh penambahan itu bisa didapatkan dalam paket Sport Chrono. 

Sumber: Oto.com

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.