Sukses

Beragam Keseruan yang Terjadi di Grand Battle Suryanation Motorland Surabaya

Liputan6.com, Surabaya Lapangan Makodam V Brawijaya, Surabaya, terlihat ramai oleh para pecinta motor. Rupanya mereka merupakan pengunjung acara Grand Battle Suryanation Motorland yang berlangsung pada 29 - 30 September 2018.

Selama dua tersebut, 60ribu penggemar motor antusias menikmati berbagai rangkaian acara khas roda dua. Mulai dari rolling thunder, custom bike contest, freestyle competition, hingga games.

"Di seri terakhir, terlihat animo penonton di Surabaya ini sangat luar biasa untuk menyaksikan acara ini. Para builder juga terlihat sudah mempersiapkan motor mereka untuk bisa menjadi motor Best of The Best Surabaya," ujar Suryanation Motorland Committee, Rizky Dwianto, dalam keterangan rilisnya.

Pada acara hari pertama, Best of the Best Suryanation Motorland Battle 2018 Surabaya berhasil dimenangkan oleh Denny Shooter dari B Brother Custom asal Yogyakarta. Motor Yamaha XS650 gaya Bobber miliknya berhasil jadi yang terbaik di antara 140 peserta lainnya.

"Sebuah kebanggaan sekali bisa menjadi pemenang Best of the Best Surabaya. Sejak pertama membangun motor ini saya ingin membuat motor yang terbaik, sehingga setiap pengerjaan pada motor ini dilakukan semaksimal mungkin. Mengenai peluang bertarung dengan motor Best of the Best dari kota lain, saya merasa motor ini siap untuk menjadi The Greatest Bike Suryanation Motorland 2018 dan berangkat ke Jerman," ucapnya.

Hari pertama pelaksanaan Grand Battle Suryanation Motorland kian berlangsung meriah dengan adanya unveiling iconic bike yang dibuat oleh Lutfi Ardika dan Andika Pratama. Motor yang diberi nama Tosan Adji ini memiliki basis mesin WL tahun 1947. Tosan Adji memiliki tampilan gaya Boardtracker, warna merah pada tangki, dan kilau warna krom di hampir seluruh bodi motor.

“Motor iconic bike ini mewakili spirit dari Suryanation Motorland yang ingin membagikan inspirasi bagi semua pihak. Motor ini juga akan kami bawa ke acara Custombike Show di Jerman bersama dengan motor The Greatest Bike Suryanation Motorland 2018 dan juga motor iconic bike Suryanation Motorland 2017 melalui program Suryanation Motorland Goes to International Custom Bike Show,” kata Rizky.

Hari kedua

Prosesi unveiling inspirational bike juga dilakukan pada hari kedua Grand Battle Suryanation Motorland. Kali ini yang ditampilkan adalah motor Kawasaki W175 karya para artworker Suryanation Motorland 2018. Motor ini telah mulai dikerjakan pada seri pertama Suryanation Motorland Battle yang berlangsung di Palembang.

Acara Grand Battle Suryanation Motorland 2018 juga dihadiri oleh dua tamu internasional, yaitu Mirko Perugini dari Gallery Motorcycles Italia dan Rad Yamamoto dari Ask Motorcycle. Mereka ikut mengevaluasi motor-motor best of the best dari setiap region yang bertanding untuk meraih gelar The Greatest Bike 2018.

Mereka menjadi juri bersama tiga juri utama, yaitu Bimo Hendrawan (Bimo Custombike Jakarta), Lulut Wahyudi (Retro Classic Cycles Yogyakarta), dan Indra Pranajaya (Razzle Dazzle Chopper Works Bandung). Kelima juri ini juga melakukan penilaian untuk The Greatest Bike 2018.

Hasil penilaian para juri akhirnya menetapkan motor Denny Shooter sebagai The Greatest Bike 2018 yang berhasil mengalahkan enam motor pemenang Best of the Best dari kota lainnya. Impian Denny untuk berangkat ke Jerman pun telah terkabul.

“Saya tidak menyangka motor saya menjadi The Greatest Bike karena saya masih dalam proses belajar membuat sebuah motor dan dari awal saya tidak memiliki target menjadi juara. Bagi saya yang terpenting adalah belajar dari sebuah kompetisi dan bertemu dengan builder lain. Tetapi ternyata motor saya berhasil menjadi Best of the Best Surabaya dan terpilih sebagai The Greatest Bike Suryanation Motorland tahun ini,” ujar Denny.

Tak hanya itu, motor milik Denny juga berhasil mendapatkan gelar The Best Painting di Suryanation Motorland seri Surabaya. Menurut para juri, motor Denny memiliki detail pengerjaan yang sangat baik dari segi estetika dan craftmanship.

Denny bersama motornya pun akan diberangkatkan ke acara Custombike Show di Bad Salzuflen, Jerman, pada 30 November - 2 Desember 2018. Ia akan berangkat bersama pemenang Best of the Best Suryanation Motorland 2018 lainnya, Iconic Bike Suryanation Motorland 2017, Iconic Bike Suryanation Motorland 2018, pemenang Golden Ticket dari Suryanation Motorland Committee, dan Inspiration Bike yang akan diumumkan via Instagram Suryanation Motorland.

Di Jerman, para pemenang dan motor-motor tersebut akan berkompetisi dengan para builder internasional.

“Selamat kepada pemenang The Greatest Bike Suryanation Motorland dan juga pemenang Best of the Best dari setiap kota. Kami berharap seluruh rangkaian kegiatan yang kami lakukan pada tahun 2018 ini bisa memberikan inspirasi bagi perkembangan dunia custom Indonesia,” ucap Rizky.

Sebelum acara ditutup, dilakukan penyerahan penghargaan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) dari perwakilan MURI kepada Suryanation Motorland. Suryanation Motorland berhasil memecahkan rekor Pesta Motor Custom Terbesar.

Terakhir, acara ditutup dengan pengumuman pemenang dari setiap kategori Custom Bike Show serta pertunjukan musik dari PAS Band dan Jamrud. Apabila Anda mau tahu sendiri keseruan acara itu seperti apa, Anda bisa cek di Instagram @suryanation_motorland!

 

(Adv)

Loading
Artikel Selanjutnya
Kerennya Detail Motor Kustom Wong Deso yang Bakal Pamer Diri di Jerman
Artikel Selanjutnya
Motor Kustom Kolaborasi 3 Artworker Indonesia Curi Perhatian Suryanation Motorland 2018