Sukses

5 Cara Mudah Parkir Mundur buat Pemula

Liputan6.com, Jakarta - Selain jalan tol, pengemudi pemula juga kerap mengalami masalah ketika parkir. Tak hanya parkir pararel, parkir mundur juga sangat dikhawatirkan karena sangat kaku.

Parkir mundur dianggap kurang bebas dalam penglihatan, serta pengalaman yang dimiliki oleh pengemudi pemula sering kali menyebabkan mereka celaka saat melakukan hal tersebut.

Dilansir situs resmi Nissan, bila kebiasaan dibiarkan terus seperti ini, bukan tidak mungkin pengemudi pemula jadi malas untuk belajar lagi.

Karena itu, Nissan memberikan beberapa tips parkir mundur yang bisa diterapkan, yakni:

2 dari 6 halaman

1. Kuasai Area dengan Menoleh Ke Belakang

Saat Anda melakukan parkir mundur, jangan hanya mengandalkan kaca spion saja. Anda juga boleh untuk menoleh ke belakang. Hanya saja Anda juga harus melirik kanan-kiri dan tak buru-buru.

Caranya cukup mudah. Letakkan tangan kanan di posisi roda kemudi jam 12. Lepaskan tangan kiri. Menolehlah ke arah kiri untuk melihat kondisi tempat parkir dan ke mana Anda akan bergerak mundur.

3 dari 6 halaman

2. Pahami Arah berbelok

Mengetahui arah kemudi saat mundur akan sangat membantu Anda mengerakkan buritan mobil. Ketika Anda ingin mobil mundur ke kanan, maka roda kemudi harus diputar ke kanan. Begitu juga bila ingin belok ke kiri, maka roda kemudi harus diputar ke kiri. Mungkin akan sedikit rumit di awal. Bila Anda sering berlatih mundur, hal ini tidak akan jadi masalah.

Sekadar tips saat berlatih mengemudi mundur, cobalah untuk berkendara dengan pintu bagasi yang terbuka. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melihat ke mana mobil akan bergerak. Bila Anda semakin sering melakukan latihan ini, maka semakin terbiasa Anda memahami pergerakan mobil saat mundur.

4 dari 6 halaman

3. Gunakan Rem untuk Mengendalikan Kecepatan

Menguasai penggunaan rem akan membantu Anda mengendalikan mobil saat melakukan parkir mundur. Misalnya, ketika Anda menginjak pedal gas terlalu keras, tentu rem harus diinjak dengan teratur.

Ini penting agar nanti ketika melakukan parkir mundur di gedung parkir tidak ada kejadian salah pedal yang mengakibatkan mobil mundur dan terjun bebas ke lantai bawah. Biasakan kaki untuk bereaksi dengan setiap pedal yang ada.

5 dari 6 halaman

4. Jangan Lupa Lihat Depan

Memang benar bahwa ketika parkir mundur, Anda wajib memerhatikan kondisi belakang mobil Anda. Namun, hal ini tidak bisa jadi alasan untuk tidak menoleh ke depan.

Anda tetap harus melihat depan meskipun mundur, sama seperti ketika Anda wajib melihat spion saat melaju normal. Tak perlu lama-lama melihat ke depan, cukup sekilas saja. Tetap saja Anda wajib memprioritaskan perhatian utama Anda di bagian belakang.

Bagian depan mobil juga wajib dilihat. Ketika Anda berbelok selagi mundur, bisa saja moncong mobil Anda menabrak sesuatu di depan. Oleh karena itu, saat melihat ke depan, perhitungkan pula bahwa moncong mobil bebas dari halangan apa pun selagi Anda mundur.

6 dari 6 halaman

5. Jangan Tegang dan Terburu-buru

Santai saja. Jangan buru-buru. Lakukan parkir mundur dengan perlahan namun pasti. Pengendara lain akan langsung paham bahwa Anda adalah pengemudi pemula. Mereka tentunya maklum dengan keahlian mengemudi Anda yang jauh dari kata ahli.

Itulah beberapa tips yang wajib Anda ketahui sebagai pengendara pemula saat parkir mundur. Parkir mundur bisa dengan mudah Anda lakukan apabila bisa melihat keadaan sekitar mobil dengan baik.

 

Saksikan Juga Video Pilihan Berikut Ini: