Sukses

Motor Tua Ini Laku Rp 12 Miliar, Apa Istimewanya?

Liputan6.com, Las Vegas - Melihat mobil klasik bernilai tinggi dijual dengan nilai miliaran rupiah mungkin terdengar biasa. Bagaimana bila motor tua laku miliaran rupiah?

Pada ajang lelang yang berlangsung di Las Vegas pekan lalu, seorang peserta berani merogoh kocek $929.000 (setara Rp 12 miliar) untuk sebuah motor tua. Dilansir Carscoops, motor tersebut adalah Vincent Black Lightning lansiran 1951.

Motor ini hanya dibuat 30 unit. Bahkan, diketahui hanya ada 19 unit yang tersisa di dunia. The Lightning menggunakan Black Shadow sebagai basisnya. Black Shadow dikenal sebagai superbike pertama di dunia. Pada masanya, Shadow dapat mengalahkan Jaguar XJ120 (mobil tercepat yang dapat dibeli) dengan kecepatan 196 km/jam.

Black Lightning bahkan lebih kencang. Mesinnya menjadi 70 tk dari 55 tk, bobotnya juga dipangkas menjadi 163 kg. Rollie Free pernah mencetak rekor di Bonneville pada 1948. Untuk meminimalisasi bobot, Rollie hanya menggunakan baju renang saja.

Unit yang dilelang ini merupakan pesanan khusus Tony McAlpine yang dibawa ke Australia. Lalu Jack Ehret menggunakannya untuk menciptakan rekor kecepatan di Australia dengan kecepatan rata-rata 226,4 km/jam. Setelah itu, Ehret menyimpannya lebih dari setengah abad.

Dengan sejarah yang cukup panjang, tidak heran jika motor ini mendapat banyak perhatian dari kolektor. Kabarnya, motor ini menjadi motor termahal yang pernah dibeli melalui lelang di Bonhams.

Saksikan Video Pilihan Berikut Ini:

1 dari 2 halaman

Porsche Langka

Hampir semua merek sportcar premium lawas akan berakhir menjadi mobil langka dengan harga selangit. Salah satunya seperti yang terjadi pada Porsche 550A Spyder lansiran 1958.

Tak tanggung-tanggung, Porsche 550A Spyder ini laku terjual US$5,17 juta atau setara Rp 67,8 miliar saat lelang yang diadakan rumah lelang Bonhams di Scottsdale, Amerika Serikat (AS), akhir pekan lalu. Demikian dikutip Carscoops, Selasa (23/1/2018).

Diketahui, tingginya harga mobil tersebut lantaran nilai historis yang begitu memukau. Bagaimana tidak, dibuat tahun 1958, mobil ini menjadi salah satu yang tercepat.

Porsche 550A Spyder 1958 di eranya patut diperhitungkan karena mampu menjadi jawara di ajang balapan. Beberapa pencapaian mobil ini antara lain memenangi balapan di Sirkuit Reims di Prancis), Zandvoort di Belanda, dan Nürburgring di Jerman), serta menempati urutan kedua Le Mans (total kelima secara keseluruhan).

Selain itu, pabrikan mobil asal Jerman ini juga tidak membuat Porsche 550A Spyder dengan jumlah banyak. Sebaliknya dia hanya memproduksi 40 unit. Alhasil mobil ini menjadi buruan para kolektor mobil klasik.

Sekadar informasi, Porsche 550A Spyder 1958 telah dibenamkan mesin 1.5 liter empat silinder, yang mampu memuntahkan kekuatan hingga 110 tenaga kuda.

Artikel Selanjutnya
Mobil Kecil Rp 25 Juta? Wuling Saja Jual Rp 94 Juta di Cina
Artikel Selanjutnya
Viral Mobil Kecil Mirip Smart Fortwo, Harga Rp 25 Juta