Sukses

Honda PCX Lokal Pakai Busi Khusus, Apa Kehebatannya?

Liputan6.com, Jakarta - Honda PCX model terbaru telah diperkenalkan PT Astra Honda Motor. Statusnya kini tidak lagi completely built up (CBU) dari Vietnam, tetapi diproduksi di pabrik AHM Sunter, Jakarta Utara.

Salah satu hal yang membuat khalayak kaget terhadap skutik premium ini adalah harga yang tak lagi selangit. Jika sebelumnya PCX dibanderol hingga Rp 40 juta lebih, setelah diproduksi di dalam negeri harganya menjadi Rp 27 juta untuk versi standar dan Rp 32 juta untuk tipe ABS.

Sebagai informasi, all new Honda PCX ini disebut-sebut menggunakan busi khusus. Hal itu sebagaimana disampaikan NGK selaku produsen busi yang dipercaya AHM untuk membuat busi Honda PCX.

"Bersama Astra Honda Motor, NGK telah mengeluarkan tipe busi terbaru khusus digunakan hanya untuk motor Honda New PCX. Part number yang disematkan pada tipe ini adalah MR8K-9," tulis NGK dalam keterangan resminya.

Diharapkan, busi ini mampu menjalankan tugasnya untuk menjaga kestabilan performance dan speed yang dibutuhkan oleh Honda PCX yang memiliki kapasitas engine yang besar.

"Dengan dibekali material nikel alloy yang terbaru dipastikan busi ini dapat mencegah oksidasi dan korosi yang terjadi pada saat proses pembakaran terjadi," tutup rilis tersebut.

Saksikan Video Pilihan Berikut:

1 dari 2 halaman

Honda PCX Thailand

Bersamaan dengan peluncuran all new Honda PCX rakitan lokal di Indonesia, pabrikan berlambang sayap mengepak ini juga resmi menghadirkan skuter matik (skutik) premiumnya tersebut di Thailand.

Model ini diluncurkan dengan harga yang berbeda, yaitu 82.300 baht atau setara dengan Rp 33,9 juta di Thailand, dan Rp 27 untuk versi CBS serta Rp 32 juta untuk versi ABS di Tanah Air. Lalu, apa perbedaan Honda PCX versi Indonesia dan Thailand?

Jika dilihat dari segi desain, dimensi, rangka, dan kapasitas mesin, baik Honda PCX di Thailand maupun di Indonesia tidak memiliki perbedaan yang signifikan.

Namun, untuk masalah fitur memang ada perbedaan yang cukup mendasar, seperti di Honda PCX Thailand dilengkapi LED dengan fitur New Welcome Light di lantai motor.

Adapun untuk Honda PCX versi lokal di Indonesia, tidak terdapat fitur baru tersebut, dan hanya mendapatkan desain baru menggunakan LED, baik lampu depan maupun belakang. Jadi, tampilan lampu depan Honda PCX di Indonesia ini selain lebih mewah, sistem pencahayaannya lebih terang

Selain itu, di bagian pengereman, Honda PCX lokal di Tanah Air sudah mengadopsi rem di bagian depan dan belakang. Namun, untuk Honda PCX Thailand, cakram hanya terdapat di bagian depan, dan belakang masih menggunakan tromol.

Masih berhubungan dengan fitur pengereman, Honda PCX Thailand juga hanya menyematkan Combi Brake System (CBS), tanpa Antilock Braking System (ABS). Nah, untuk Honda PCX yang diproduksi dan dipasarkan di Indonesia, sudah mendapatkan dua pilihan sistem pengereman, tanpa ABS dan dilengkapi ABS. Keduanya sudah dilengkapi sistem CBS.

Untuk diketahui, Honda PCX di Indonesia baru bakal tersedia Februari tahun depan, sedangkan untuk Honda PCX versi Thailand sudah tersedia mulai 21 Desember 2017.

Artikel Selanjutnya
Honda PCX Hybrid Lokal Segera Diproduksi
Artikel Selanjutnya
Yamaha Lexi dan Mio S Sama-Sama Bermesin 125 Cc, Ini Bedanya