Sukses

Wajah Baru Taksi Jepang

Toyota Motor Corp bersama asosiasi operator taksi sedang mengembangkan taksi generasi baru untuk pasar Jepang.

Liputan6.com, Tokyo - Toyota Motor Corp sedang mengembangkan taksi generasi baru untuk pasar Jepang. Dalam rangka itu, mereka telah membangun kemitraan dengan asosiasi operator taksi.

Seperti dilaporkan Reuters, kerja sama dilakukan oleh Toyota dengan Japan Federation of Hire-Taxi Association. Asosiasi ini memayungi lebih dari 15 ribu operator taksi di Jepang.

Keduanya akan fokus untuk membuat taksi yang dapat diakses dengan mudah oleh orang tua. Taksi ini diharapkan juga bisa dengan mudah digunakan oleh keluarga yang masih punya anak-anak, serta turis asing.

Salah satu bentuk kerja sama keduanya adalah pengumpulan dan analisa informasi tentang lalu lintas jalan. Informasi ini berguna untuk mengembangkan mobil otonomos yang memang sedang dikembangkan Toyota.

Sebetulnya, Toyota telah memperkenalkan satu taksi masa depan pada ajang Tokyo Motor Show 2013 bernama JPN Taxi Concept. Saat itu, Toyota mengatakan taksi ini dapat memudahkan pengendara keluar masuk kabin.

Taksi konsep ini menggunakan bahan bakar LPG dengan motor listrik. Dengan begitu, mobil ini diklaim akan ramah lingkungan. Meski demikian, belum diketahui apakah taksi masa depan inilah yang dimaksud.

Toyota, yang juga merupakan pabrikan yang paling banyak memproduksi taksi di Jepang, mengatakan akan memasarkan taksi baru ini pada 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini