Sukses

Honda ATC 90: Motor Roda Tiga James Bond

Honda ATC 90 pernah dikendarai James Bond di film Diamonds Are Forever (1971).

Liputan6.com, Jakarta - James Bond, karakter fiksi yang dibuat pada 1953 oleh penulis Inggris bernama Ian Fleming, adalah salah satu tokoh tersukses di jagat hiburan. Tak kurang dua belas novel dan puluhan film tentangnya telah dibuat.

Dari sekian banyak film itu, Bond selalu `ditemani` beberapa mobil kelas atas atau mewah untuk menerjang musuh-musuh. Tentu yang paling terkenal adalah Aston Martin DB yang sampai sekarang masih diproduksi massal.

Selain mobil, ternyata Bond juga pernah menggunakan sepeda motor. Motor yang ia pakai relatif unik, beroda tiga dengan ban yang besar. Motor ini adalah Honda ATC 90.

Motor ini digunakan dalam film Diamonds Are Forever (1971). Saat itu, James Bond diperankan oleh Sean Connery, aktor yang aktif hingga 2006. Pada film ini, James Bond menunggangi Honda ATC 90 saat melarikan diri dari Whyte Space di Moonboggy.

Motor ini merupakan all terrain vehicle (ATV) pertama di dunia, yang proses pengembangannya dimulai pada 1967 dan dipimpin oleh Osamu Takeuchi. Pada akhirnya, kendaraan ini lebih dikenal sebagai kendaraannya petani. ATV akhirnya tidak diperbolehkan lagi dipakai karena punya kecenderungan untuk mudah berguling.

Dari sisi teknis, Honda ATC 90 menggendong mesin 89 cc, dan telah dilengkapi teknologi air-cooled. Mesin motor berbobot 90 kilogram ini keluarkan tenaga 8 Tk.

Dibuat hanya selama tiga tahun, Honda ATC 90 kini jadi barang langka. Salah satunya ada di David Silver Museum, Suffolk, Inggris. Saat ini, sebagaimana dilansir Motorcyclenews, harganya ditaksir antara 2.500 hingga 5.000 pound sterling.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini