Sukses

Ford Focus Bakal Punya Varian Terkencang, Kapan Debut?

Ford dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk memproduksi Focus RS edisi terbatas.

Liputan6.com, London - Ford dilaporkan sedang mempertimbangkan untuk memproduksi Focus RS edisi terbatas. Bila resmi debut, model ini bakal menjadi hatchback dengan akselerasi tercepat yang pernah ada.

Melansir Autocar, orang dalam Ford membeberkan, Focus RS `hardcore` ini akan dilengkapi dengan drivetrain yang lebih mumpuni, serta penurunan berat yang relatif signifikan, yaitu sebesar 100 kg dibanding Focus RS standar.  

Turunnya bobot ini disebabkan karena seluruh body mobil menggunakan carbon fiber reinforced plastic (CFRP), kaca polikarbonat, rem serat karbon, dan suspensi aluminium. Tingkat kesenyapan pun diklaim akan meningkat.

Bocoran ini juga menyebutkan bahwa mesin bensin turbocharged berkapasitas 2,3 liter tidak akan diganti. Tetapi akan dilengkapi dengan overboost sehingga torsi menjadi 470 Nm (versi standar 440 Nm) dan tenaga 345 Tk.

Perbedaan lain dengan Focus RS standar adalah pada gearbox. Jika RS standar dilengkapi dengan transmisi manual enam percepatan, maka RS edisi terbatas ini ditanamkan dual-clutch automatic transmission.

Perbedaan mesin ini membuat Focus RS limited edition mampu berlari hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 4,2 detik, lebih cepat 0,5 detik dibanding versi standar.

Jika Focus RS limited edition ini disetujui masuk jalur produksi, ujar orang dalam yang tak mau disebutkan namanya itu, maka harga dasarnya diprediksi mencapai 40 ribu pound sterling atau sekira Rp 833 juta.

(rio/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.