Sukses

Ford Sukses Dongkrak Tenaga Focus RS

Varian terbaru Focus RS memiliki mesin yang mampu menghasilkan daya 350 Tk dengan torsi 350 Nm.

Liputan6.com, Dearborn - Subaru WRX STI, Volkswagen Golf R, dan Mitsubishi Lancer Evo X sudah sepantasnya merasa iri dan tertunduk lesu melihat kemampuan pesaingnya, Ford Focus RS. Pasalnya, varian terbaru Focus RS memiliki mesin yang mampu menghasilkan daya 350 Tk dengan torsi 350 Nm.

Dilansir Autoblog, Selasa (13/10/2015) Ford baru-baru ini merilis hasil uji coba mesin all wheel drive (AWD) Focus RS dan terkejut karena hasilnya jauh melebih ekspetasi awal sebesar 315 Tk. Faktanya, mesin EcoBoost berkapasitas 2.3 liter turbocharged empat silinder tersebut mengalami peningkatan sebesar 125 Tk dari varian sebelumnya.

Tim perancang hatchback Amerika ini menggunakan beberapa trik untuk mencapai angka tersebut. Dengan teknologi EcoBoost, mesin twin-scroll turbo mampu menghasilkan dorongan puncak hingga 23,2 psi. Sistem tersebut juga menggunakan intercooler besar dan memaksimalkan kinerja knalpot.

Ford juga merancang fitur recovery sebagai penyeimbang mesin bertenaga besar ini. Fitur tersebut berupa tombol start dan stop yang fungsinya melakukan restart pada mesin untuk mengembalikan ke kondisi awal.

"Kami tahu bahwa kami ingin memiliki teknologi stop-start pada RS dan kami berpikir bagaimana jika kami selangkah lebih maju dan sampai akhirnya kami bisa merancang teknologi tersebut pada mobil ini," ujar Manager Engineering Ford Focus RS, Tyrone Johnson.

Ford menyampaikan bahwa mereka bersemangat dengan hadirnya Focus RS yang rencananya mulai produksi pada akhir tahun ini.

(fss/ian)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.