Sukses

Clubman Terbaru Jadi Mobil MINI Paling Bongsor

Model terbaru ini lebih panjang 27 mm dan 73 mm lebih lebar dari pendahulunya.

Liputan6.com, London - MINI di era lampau dikenal dengan jajaran mobil berdimensi mungil. Namun kini, MINI tampaknya meninggalkan paradigma lama itu dengan mengembangkan mobil berukuran bongsor.

Beberapa waktu lalu MINI baru saja merilis generasi terbaru Clubman. Generasi kedua Clubman telah berubah menjadi kendaraan station wagon dan menjadi model terbongsor dalam keluarga MINI.

MINI Clubman memiliki dimensi panjang 4.253 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.441 mm, serta wheelbase 2.670 mm. Adapun model terbaru ini lebih panjang 27 mm dan 73 mm lebih lebar dari pendahulunya.

Imbas bertambahnya dimensi ini berdampak ke volume bagasi yang makin terdongkrak menjadi 360 liter. Meskipun begitu, kapasitas kursi pada Clubman masih tetap lima kursi, demikian dilansir dari Carscoops, Jumat (26/6/2015).

Clubman dibangun dengan arsitektur yang juga digunakan MINI pada lini model hatchback dengan 3 dan 5 pintu. Untuk jantung mekanisnya pun menggunakan milik saudara satu grup yakni BMW Active Tourer yang disokong mesin bensin ataupun diesel dengan konfigurasi tiga dan empat silinder.

Model ini hadir di Eropa dalam tiga varian antara lain  Cooper D dengan daya 148 Tk yang berasal dari mesin 2,0 liter empat silinder diesel, Cooper bermesin bensin 1.5 liter tiga silinder dengan output 134 Tk, dan Cooper S yang didukung mesin bensin empat silinder 2.0 liter dengan output 189 Tk.

Semua model mendapatkan transmisi manual 6 percepatan sebagai standar, adapun opsi transmisi lainnya yang ditawarkan yaitu 6 percepatan otomatis pada varian Cooper sementara pada dua lainnya mendapat 8-percepatan otomatis. Adapun versi-versi lainnya termasuk varian performa John Cooper Works akan menyusul diluncurkan MINI dalam beberapa waktu ke depan.

(ysp/ian/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini