Sukses

Asal Mula VW Kodok: Hitler Jiplak Mobil Yahudi

Hitler terinspirasi membangun VW dengan desain yang menyontek mobil hasil karya Josef Ganz.

Liputan6.com, Wolfsburg - Siapa sangka jika desain VW Beetle atau yang akrab dijuluki sebagai VW Kodok ini adalah hasil contekan. Adalah Hitler sendiri yang menjadi otak dari desain Beetle tersebut.

Alkisah, Hitler menyaksikan mobil bernama Maikaefer atau May Bug di pameran otomotif pada 1933. Mobil ini merupakan hasil karya Josef Ganz yang merupakan seorang insinyur Yahudi.

Melansir laman Dailymail, Jumat (10/4/2015), Maikaefer sendiri telah diciptakan oleh Ganz sejak 1928 yang menawarkan keunggulan sebagai kendaraan ringan dan terjangkau. Ganz terus mengeksplorasi ide terhadap mobil murah dengan menggambar banyak desain yang sangat lekat dengan VW Beetle saat ini.

Foto: Dailymail

Dijelaskan, mobil ciptaan Ganz ini menggunakan rangka turbular dengan konfigurasi mesin belakang dan suspensi independen yang dilengkapi lengan ayun. Tak luput, desain bodi Maikaefer secara keseluruhan pun bergaya mengalir.

Klik halaman selanjutnya >>>

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Next

Setelah melihat desain ciptaan Ganz, Hitler yang juga merupakan penggila otomotif tercetus ide menciptakan mobil serupa. Ide tersebut pun diutarakan Hitler kepada Ferdinand Porsche pada 1935 di Berlin Hotel dan meminta Porsche untuk menciptakan sebuah kendaraan rakyat dengan desain seperti yang dimiliki Maikaefer.

Hitler berambisi membuat kendaraan dengan kapasitas empat kursi penumpang. Mobil ini menggunakan mesin berpendingin udara serta dibanderol tidak lebih dari 1.000 reichmarks.

Bayangan yang diinginkan Adolf Hitler tersebut rupanya begitu identik dengan yang telah diperhitungkan oleh Ganz ketika mendesain Maikaefer. Oleh Ganz, mobil murah ini juga kerap dipamerkan pada majalah yang diterbitkannya sendiri.

Agar tidak menimbulkan masalah di kemudian hari, Hitler pun memerintahkan satuan khusus Gestapo untuk menutup majalah otomotif milik Ganz sekaligus menyingkirkan insinyur Yahudi tersebut.

Meskipun ide dari Maikaefer tersebut diklaim oleh Hitler, Ferdinand Porsche selaku pencipta VW Beetle tetap mengapresiasi hasil karya dari Ganz sebagai suatu desain yang dapat diwujudkan menjadi nyata.

(ysp/gst)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini