Sukses

Tidak Bisa Tidur Nyenyak? Coba 5 Makanan Ini Buat Mengatasinya

Orang yang tidak bisa tidur nyenyak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karena gaya hidup, makanan, atau lingkungan.

Liputan6.com, Jakarta Setelah melewati kesibukan yang melelahkan selama seharian, tidur adalah salah satu cara terbaik untuk mengisi kembali tenaga yang hilang. Hingga keesokan harinya, tubuh terasa lebih segar dan siap untuk beraktivitas kembali.

Namun, hal itu tak bisa dirasakan ketika seseorang tidak mampu tidur dengan nyenyak. Sepanjang malam saat tidur, mungkin Anda justru akan mengalami atau mengalami gangguan lainnya. Pada akhirnya rasa kantuk pun datang ketika sedang beraktivitas.

Hal ini pun menjadi masalah yang kerap dihadapi oleh hampir banyak orang. Orang yang tidak bisa tidur nyenyak biasanya disebabkan oleh beberapa faktor. Bisa karena gaya hidup, makanan, atau lingkungan.

Oleh sebab itu, obat tidur menjadi solusi pada akhirnya. Dengan mengonsumsi obat tidur, seseorang dapat dengan cepat terlelap dan nyenyak. Akan tetapi, hal ini tidak baik jika dilakukan terlalu sering. Yang ada justru dapat merugikan diri sendiri bila sudah kecanduan dengan obat tidur.

Sebagai gantinya, coba konsumsi beberapa makanan yang dapat mendukung Anda untuk tidur dengan nyenyak. Melansir laman Timesnownews, Minggu (26/12/2021), berikut ini lima makanan yang dapat membantu Anda bisa tidur nyenyak demi menjaga kesehatan tubuh.

1. Madu

Salah satu cairan yang dihasilkan dari lebah ini cukup populer di dunia kesehatan. Tanpa disadari, madu juga bisa dijadikan sebagai alternatif pengganti gula.

Selain itu, di dalam madu mengandung sifat antibakteri, antiinflamasi, dan antioksidan yang baik untuk tubuh. Jika dikonsumsi sebelum tidur, madu dipercaya dapat membantu meningkatkan kualitas tidur seseorang. Anda bisa mencampurkan madu ini dengan air hangat atau segelas susu.

2. Susu

Beberapa penelitian menunjukkan, susu juga bisa meningkatkan kualitas tidur. Jadi, coba mengonsumsi susu sebelum tidur untuk membantu Anda tidur nyenyak. Selain itu, mengonsumsi susu hangat sebelum tidur juga dianggap dapat membantu meredakan stres dan kecemasan.

 

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

3. Kacang

Selain madu dan susu, kacang juga dipercaya bisa membuat tidur seseorang menjadi lebih nyenyak. Selain sebagai sumber lemak sehat dan asam lemak omega 3, beberapa jenis kacang juga kaya akan melatonin.

Kandungan tersebut dapat membantu meningkatkan mood dan kualitas tidur secara signifikan. Anda bisa mengonsumsi beberapa jenis kacang sebelum tidur. Misalnya almond, kenari, atau pistachio.

4. Ikan berlemak

Jangan salah, ikan juga bisa membantu meningkatkan kualitas tidur sehingga seseorang bisa tidur nyenyak. Salah satunya adalah ikan yang berlemak.

Ikan, seperti salmon, mackerel, atau ikan teri, merupakan sumber yang kaya akan asam lemak omega 3. Nutrisi ini cukup baik karena dapat membantu meningkatkan suasana hati dan kualitas tidur.

5. Teh

Selain makanan, minuman teh juga dianggap mampu meningkatkan kualitas tidur. Berbagai jenis teh, seperti teh lavender, teh hijau, atau teh chamomile, bisa Anda konsumsi.

Jenis-jenis teh tersebut terkenal karena efek terapeutiknya yang memiliki sifat anti-inflamasi dan antioksidannya.

Selain teh yang sudah disebutkan, ada beberapa teh yang lebih baik yang tidak dikonsumsi sebelum tidur. Misalnya matcha yang mungkin mengandung berlebihan.

 

Reporter: Aprilia Wahyu Melati

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini