Sukses

Bareksa Raih 2 Penghargaan Mitra Distribusi Surat Berharga Negara Terbaik Fintech 2020

Sepanjang 2020, Bareksa sebagai midis telah membantu penjualan untuk 6 seri SBN ritel.

Liputan6.com, Jakarta Marketplace investasi Bareksa mendapatkan penghargaan Direktorat Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko, Kementerian Keuangan (Kemenkeu) sebagai Mitra Distribusi Surat Berharga Negara Terbaik (Midis SBN) dan Mitra Distribusi Surat Berharga Syariah Negara (Midis SBSN) Terbaik Kategori Fintech 2020. Khusus untuk kategori Midis SBSN, penghargaan ini merupakan yang kedua kali berturut-turut diterima Bareksa.

Co-founder dan CEO Bareksa, Karaniya Dharmasaputra, menyatakan, penghargaan ini kembali menjadi bukti bahwa pemanfaatan fintech memiliki peran yang semakin penting untuk mendemokratisasi dunia keuangan nasional di tengah pandemi Covid-19.

"Kita justru melihat akselerasi penjualan di segmen retail melalui teknologi digital dan terus meluasnya demokratisasi obligasi negara yang sebelumnya merupakan wilayah yang elitis, yang jauh dari jangkauan masyarakat luas," ujar dia dalam pernyataannya, Kamis (17/12/2020).

Selain itu, penghargaan ini juga menjadi bukti bahwa dorongan dan dukungan Kementerian Keuangan, OJK, dan Bank Indonesia, dalam pemanfaatan tekfin merupakan langkah yang tepat.

"Kami sangat berterima kasih atas berbagai kebijakan progresif pemerintahan Presiden Jokowi dan Kemenkeu yang terusmendorong perkembangan ekonomi-digital dan tekfin di Indonesia," ucap dia.

Dia menyebut, sepanjang 2020, Bareksa sebagai midis telah membantu penjualan untuk 6 seri SBN ritel. Yang menarikada pada penjualan ORI 017 dan SR 013 di mana penjualan di Bareksa menyentuh rekor tertinggi di penjualan konvensional dan syariah di masa kedaruratan kesehatan akibat Covid-19.

"Di tengah situasi sulit akibat COVID-19, nilai penjualan ORI 017 melesat 608 persen dibanding ORI 016. Sementara penjualan SR013 naik 238 persen dari SR 012," jelasnya.

Tak hanya itu, jumlah investor per November 2020 juga meningkat hingga 153 persen dibanding periode sama tahun sebelumnya.

Menyusul ketidakpastian ekonomi akibat pandemi mendorong masyarakat untuk berinvestasi pada produk yang lebih aman melalui platform digital. "SBN yang dijamin pemerintah 100 persen menjadi pilihan investasi yang aman dalam situasi tersebut," papar dia.

 

Bareksa juga dinobatkan sebagai salah satu mitra distribusi terbaik, sejajar dengan 4 bank besar skala nasional. Khususnya terkait Keritelan Terbaik dan Jangkauan Terluas menurut hasil penilaian Direktorat Jenderal Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko Kementerian Keuangan. Dari sisi jangkauan, Bareksa ada di posisi nomor satu karena berhasil menjangkau investor SBN hingga34 provinsi di Indonesia.

"Sedangkan, dari sisi jumlah investor, Bareksa bersaing dengan empat bank besar tersebut dan berada di posisi teratas di antara mitra distribusi non-bank lainnya," ucapnya.

Untuk itu, Karaniya menegaskan, Bareksa terus memperluas jangkauan terhadap masyarakat luas. Salah satunya transaksi pembelian SBN kini sudah dapat dilakukan di aplikasi Bareksa (Android maupun iOS). "Sehingga investor dengan mudah memantau semua portofolio investasi mulai dari reksadana hingga SBN dalam satu aplikasi," tutupnya .

Sebagai informasi, pada Desember 2019, Bareksa juga dinobatkan sebagai platform terbaik untuk membeli Surat Utang Negara (SUN) secara online berdasarkan survei yang dilakukan oleh Big Data Telkom dan Ditjen Pembiayaan dan Pengelolaan Risiko, Kemenkeu RI.

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini